Sukses

Fitur Baru Google Bikin Kegiatan Ramadan Lebih Produktif

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut bulan suci Ramadan, Google merilis pembaruan fitur untuk sejumlah produk andalannya. Beberapa di antaranya seperti Google Search, Google Maps, YouTube, dan Google Play.

Pembaruan dengan nama #GoogleTemanRamadan ini sengaja dihadirkan mengingat Ramadan merupakan salah satu momen yang erat dengan penggunaan teknologi. Karenanya, fitur-fitur ini diklaim dapat membantu produktivitas pengguna di sepanjang Ramadan jadi lebih mudah.

“Hari ini, Google menghadirkan beragam fitur terbaru yang dapat dimanfaatkan melalui smartphone sebagai teman yang dapat membantu pengguna Indonesia terkait apa yang mereka butuhkan selama bulan Ramadan. Karena itu, kami memperkenalkan fitur terbaru dari Search, Maps, Play, dan YouTube untuk menjadi teman di empat momen terpenting Ramadan, yaitu teman puasa, ngabuburit, mudik, dan hari raya,” kata Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia di Rumah Imam Bonjol, Jakarta, Senin (29/5/2017).

Untuk fitur Search, pengguna bisa mencari informasi terkait bulan Ramadan cukup memasukkan satu kata query pencarian, yaitu Ramadan.

Setelah memasukkan kata Ramadan, pengguna akan menemukan gabungan hasil pencarian terkait Ramadan, mulai dari resep makanan berbuka, ucapan salam, berita seputar Ramadan, hingga informasi waktu berbuka puasa.

Selain itu, fitur terbaru di Google Maps juga diklaim dapat membantu pengguna yang ingin melakukan booking tempat berbuka puasa.

Fitur bernama “Find a Table” ini memungkinkan pengguna untuk mem-booking tempat berbuka puasa terdekat, sekali pun di dalam perjalanan. Untuk memudahkan fitur, Google Indonesia bekerjasama dengan Qraved dan Chope.

“Fitur yang kami hadirkan ini berdasarkan pencarian terbanyak selama bulan Ramadan. Sebut saja, pencarian tinggi di Google Search tentang menu buka puasa, jalur mudik, hingga tempat ngabuburit. Keseluruhan fitur terbaru ini hadir untuk pengguna dan menjadi teman selama Ramadan,” timpal Mira Sumanti, Consumer Marketing Manager Google Search Indonesia, pada waktu yang bersamaan.

Google Maps merupakan salah satu fitur yang dioptimalkan pada bulan Ramadan kali ini. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Tak hanya itu, untuk menemani aktivitas menunggu berbuka, Google juga mempersiapkan fitur berupa konten khusus di YouTube, bernama YouTube Ramadan Shelf. Ia akan hadir dalam kolom trending YouTube dengan nama “Terbaik di Ramadan”.

Google pun akan promosi khusus #SalipLevel untuk bermain gim favorit lewat kartu hadiah Google Play yang dijual Indomaret dan toko-toko terdekat.

“Kami ingin membantu pengguna YouTube menemukan konten Ramadan dengan cepat dan tentunya relevan, seperti video resep memasak makanan untuk berbuka. Google sendiri juga sudah bekerjasama dengan kreator-kreator di Indonesia dan di luar untuk membuat konten terkait. Konten Ramadan ini setiap harinya akan di-refresh, jadi pengguna akan mencari konten baru dan tidak pernah bosan,” kata Putri Silalahi, Head of Products Communications Google Indonesia.

Fitur-fitur terbaru ini sudah bisa dinikmati seluruh pengguna Google di Indonesia. Agar bisa menikmati fitur-fitur tersebut, pastikan aplikasi Google Search, Google Maps, dan YouTube milikmu sudah terupdate ke versi paling baru.

(Jek/Ysl)