Sukses

Tak Ada Kamera Ganda di Samsung Galaxy S8?

Rencana untuk menggunakan kamera ganda pada Galaxy S8 ternyata kandas tanpa alasan jelas

Liputan6.com, Suwon - Rumor mengenai rencana Samsung untuk menyematkan sistem kamera ganda pada Galaxy S8 telah terdengar cukup lama. Perusahaan itu disebut-sebut akan mengikuti sejumlah perusahaan lain yang telah menerapkan sistem tersebut.

Dikutip dari Softpedia News, Minggu (4/12/2016), kabar terbaru menyebutkan Samsung tak akan melanjutkan rencana tersebut. Menurut seorang sumber asal Tiongkok, rencana perusahaan asal Korea Selatan untuk menghadirkan lensa ganda pada Galaxy S8 kandas dengan alasan yang belum diketahui.

Apabila kabar ini benar, menurut sejumlah pihak, keputusan tersebut dirasa cukup aneh. Sebab, vendor lain telah menyematkan teknologi serupa untuk smartphone teranyarnya, seperti LG pada G5 dan Apple dengan iPhone 7 Plus.

Sebelumnya, kabar mengenai Galaxy S8 dengan sistem kamera ganda memang mengemuka cukup kuat. Perusahaan asal Korea Selatan itu diperkirakan bakal merilis dua model Galaxy S8, yang memiliki kamera ganda dan tunggal.

Pun demikian, perlu diingat bahwa informasi ini masih sebatas rumor dan tak tertutup kemungkinan akan ada perubahan yang dilakukan perusahaan tersebut. Karenanya, menarik untuk menantikan teknologi anyar seperti apa yang akan diusung Samsung pada Galaxy S8.

Peluncuran Galaxy S8 sendiri sampai saat ini dipastikan tak mengalami perubahan. Sama seperti seri Galaxy S sebelumnya, gelaran Mobile World Conggress yang diselenggarakan tahun depan akan menjadi ajang diperkenalkannya Galaxy S8.

Meskipun ada kemungkinan batal usung fitur lensa ganda untuk kamera utama, Samsung dikabarkan memiliki rencana menghadirkan fungsi autofocus pada kamera depan Galaxy S8. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir tren selfie atau swafoto yang kini digandrungi banyak pengguna smartphone.

Berdasarkan keterangan seorang sumber, Samsung memutuskan untuk memperkenalkan AF actuator pada kamera depan Galaxy S8. AF actuator merupakan sebuah bagian di modul kamera yang berfungsi mengontrol dan mengatur fokus lensa secara otomatis.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.