Sukses

Samsung Tengah Siapkan TV Hologram?

Menurut daftar paten terbaru, Samsung diketahui telah mengajukan paten televisi yang bisa menampilkan gambar hologram secara langsung

Liputan6.com, Suwon - Perkembangan di perangkat televisi tak dimungkiri memang tak secepat perangkat lain, semisal smartphone. Namun bukan berarti tak ada perusahaan yang serius menggarap inovasi untuk perangkat tersebut.

Salah satu perusahaan yang baru-baru ini diketahui telah mematenkan teknologi teranyar untuk televisi adalah Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan itu ternyata tengah mengembangkan televisi yang bisa menampilkan gambar secara hologram.

Pertama kali diketahui dari laporan Patently Mobile, melalui paten yang diajukan Samsung disebutkan bahwa laser dapat digunakan untuk memproyeksikan gambar hologram di depan layar televisi. Uniknya, semua ini tak perlu dilakukan dengan bantuan aksesoris lain, seperti kacamata 3D.

Dikutip dari laman Business Insider, Selasa (15/11/2016), dalam patennya tersebut Samsung menyebut cahaya akan dipancarkan melalui layar 'spatial light modulator' untuk menampilkan gambar hologram. Nantinya, televisi ini juga akan dibekali eye-tracker.

 Paten yang diajukan Samsung untuk televisi berteknologi hologram (sumber: businessinsider.com)

Fungsi eye-tracker tersebut adalah untuk mengetahui jarak penonton dari posisi layar. Dengan demikian, televisi dapat mengetahui secara pasti jarak penonton dengan layar untuk menampilkan gambar hologram yang optimal sesuai dengan posisi penonton.

Hanya perlu diingat, sama seperti daftar paten lainnya, bukan berarti teknologi ini akan diwujudkan dalam waktu dekat. Masih diperlukan pengembangan lebih lanjut, sebelum teknologi ini dapat diproduksi secara massal.

Pun demikian, Samsung sendiri bisa disebut kerap memberi kejutan. Menurut laporan sebelumnya, teknologi Quantum dot display yang ada di SUHD TV milik Samsung disebut baru akan hadir pada 2020. Namun nyatanya kini televisi tersebut sudah ada di pasaran.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini