Sukses

Apple Kembangkan Konsep iPhone Lipat?

Paten yang baru saja disahkan Apple belakangan ini menguak konsep iPhone lipat. Seperti apa wujudnya?

Liputan6.com, Cupertino - Apple dilaporkan telah mengesahkan paten iPhone dengan konsep lipat. Ini artinya, mereka bisa saja mengembangkan iPhone lipat pada masa mendatang, meski tidak ketahui kapan pastinya.

Informasi tersebut dimuat laman Business Insider dari Patently Apple, Sabtu (5/11/2016). Terungkap, perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini ternyata sudah lama ingin mematenkan konsep iPhone lipat sejak 2013.

 Tak hanya itu, konsep tersebut kelak bakal diimplementasikan ke beberapa perangkat lainnya, seperti iPad.

Konsep ini juga menggunakan material khusus agar dapat membentuk struktur yang baik dan anti patah. Material yang dibutuhkan bersifat elastis dan fleksibel seperti carbon nanotubes.

Pada gambar di bawah, tampak konsep iPhone lipat ini terlihat seperti iPhone yang memiliki dua sisi. Konsep ini menghadirkan iPhone dengan dua layar di sisi kiri dan kanannya.

Sebelumnya pada 2015, bocoran konsep iPhone dengan konsep flip juga sempat beredar. Sayangnya, konsep tersebut hanyalah gambar konsep buatan seorang pria yang bernama Martin Hajek.

Yang pasti, konsep itu tak akan hadir pada iPhone generasi selanjutnya, yaitu iPhone 8. Sebab, iPhone 8 dikabarkan bakal hadir dengan layar OLED.

Layar OLED sendiri menawarkan warna yang lebih hidup, hitam yang lebih jelas, dan lebih hemat energi dibandingkan panel LCD yang dimiliki iPhone sebelumnya. Samsung sendiri telah menggunakan panel AMOLED untuk berbagai ponsel Galaxy sejak beberapa tahun lalu. Sedangkan bodinya akan berbalut material kaca secara utuh.

Apple bukan jadi yang pertama mengusung konsep smartphone lipat. Sebelumnya, Samsung dikabarkan tengah menggeluti konsep serupa. Bahkan, mereka rencananya akan merilis dua jenis smartphone lipat pada 2017.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Samsung mengenai perangkat tersebut. Namun bukan berarti prediksi soal waktu peluncurannya tidak berembus.

(Jek/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.