Sukses

Perkenalkan, Ini Dua Kamera Video 8K Seharga Mobil Mewah

Kamera terbarunya ini yaitu RED Weapon dan EPIC-W yang dipersenjatai sensor Helium 8K S35.

Liputan6.com, Jakarta - Saat sejumlah produsen kamera masih saling beradu meningkatkan kemampuan fitur rekam video 4K, RED, melaju ke depan dengan mengumumkan kamera video yang bisa merekam video beresolusi 8K.

Kamera terbarunya yaitu RED Weapon dan EPIC-W dipersenjatai sensor Helium 8K S35. RED Weapon sendiri sebenarnya bukanlah produk baru. Sebelumnya, RED telah merilis Weapon dengan sensor 6K Dragon. Versi terbarunya, RED Weapon kini hadir dengan sensor Helium 8K S35.

Kendati demikian, RED memberikan 2 opsi yang sangat menarik. Opsi pertama, jika kamu sebelumnya pengguna RED Weapon dengan sensor 6K Dragon, RED membuka peluang untuk mengganti sensor 6K Dragon dengan sensor Helium 8K S35 agar bisa merekam video 8K.

Bahkan ke depannya pengguna juga bisa mengganti sensor tersebut dengan sensor Red yang akan datang yaitu Dragon 8K VV (Vista Vision).

Opsi kedua, RED menyediakan versi yang lebih hemat yaitu Epic-W. Selain dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, Epic-W juga hadir dengan bodi yang lebih kecil.

RED Weapon dengan sensor Helium 8K S35 memungkinkan pengguna untuk merekam video 8K di 60 frames per second (fps). Namun, khusus untuk RED Epic-W kemampuan rekam videonya terbatas hingga 8K 30fps. Selain merekam video, kamera ini juga bisa mengambil foto resolusi tinggi hingga 35,4 megapiksel. 

Kecepatan transmisi datanya mencapai 800MB/s dan mendukung perekaman video dalam format RAW RED, Apple ProRES atau Avid DNxHD/HR.

Mungkin kamu bertanya apa untungnya menggunakan kamera ini? Sensor dengan 8K hadir dengan jumlah piksell yang dua kali lebih banyak dari sensor 6K dan empat kali lebih banyak dari sensor 4K.

Walau begitu, meski kamu punya kamera video dengan sensor 8K bukan berarti video harus dirilis di resolusi 8K. Ini karena memang belum ada yang merilis video di resolusi 8K.

Dengan sensor 8K, peluang kamu untuk melakukan penyuntingan video semakin terbuka lebar. Di sinilah keuntungan merekam video dengan sensor 8K, di mana kamu bisa menghasilkan video 4K dengan kualitas yang lebih tinggi. Proses crop dan pan saat penyuntingan pun bisa dilakukan lebih mudah.

Sensor dengan 8K juga menawarkan kualitas gambar yang lebih tajam, cakupan dynamic range yang lebih luas, dan kendali ISO yang lebih baik di ISO tinggi. 
Red Weapon (red.com)
Cakupan dynamic range yang lebih luas ini juga memungkinkan pengguna untuk bisa menghasilkan video HDR yang tentunya merupakan opsi menarik untuk para sinematografer.

Soal harga, RED akan menjual Helium 8K dengan harga US$ 49.500 atau sekitar Rp 646 juta dan Epic-W harganya US$ 29.500 atau sekitar Rp 385 juta.

Harga di atas bisa dibilang setara dengan banderol mobil mewah di Indonesia. 

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi yangcanggih.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan gadget teknologi, kunjungi www.yangcanggih.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini