Sukses

Pentingnya Media Informasi sebagai Senjata Personal

Media dapat menjadi alat yang penting bagi setiap orang agar tidak buta informasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pada sesi kedua kelas mentoring di hari pertama Lenovo SIAP MAJU! Youth Festival, kesepuluh finalis Inspiration Hunt mengikuti sesi presentasi seputar media secara general yang dibawakan oleh Karmin Winata, editor kanal Citizen6 dari Liputan6.com.

Karmin mengungkapkan bahwa media informasi, dalam hal ini portal berita, berperan penting terhadap pembaruan informasi (update) yang tengah berlangsung bagi para finalis yang merupakan social entrepreneur ini, 

Bahkan, pria yang juga merupakan blogger kawakan itu menekankan media informasi bisa menjadi 'senjata' personal bagi setiap orang.

"Ada beberapa alasan media bisa menjadi tool penting bagi setiap pribadi agar tidak buta informasi. Pertama, media adalah perantara untuk menyuarakan aspirasi," tutur Karmin menjelaskan.

Karmin melanjutkan, jika tiap personal 'bertumpu' penuh kepada satu media yang menurutnya terpercaya, setiap informasi yang ia sampaikan pasti valid, dan akan terus didengarkan publik.

"Ini bisa menggerakan orang-orang untuk melakukan perubahan dalam perilaku juga. Bisa dibilang ini menjadi salah satu personal statement yang diemban setiap orang agar terkesan credible," pungkasnya.

Lenovo SIAP MAJU! Youth Camp memboyong sepuluh finalis Inspiration Hunt dari berbagai penjuru daerah yang tersebar di Indonesia. Kesepuluh peserta ini memiliki komunitas dan startup yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan.

Selain mengikuti sesi mentor khusus yang dibawakan para pakarnya masing-masing, sepuluh generasi muda ini juga akan mengikuti serangkaian aktivitas menarik dan melakukan presentasi kepada Lenovo.

Nantinya, para finalis akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan yang lebih untuk menjadikannya berbeda, termasuk memilih perangkat teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan memahami bahwa perangkat teknologi memiliki peran penting dalam mendukung upaya mereka untuk maju.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.