Sukses

Keliru, Cheat GTA IV Dianggap Kode Rahasia Militer Turki

Dikira menemukan kode rahasia yang digunakan militer untuk berkomunikasi, reporter berita Turki ini justru jadi bahan lelucon netizen.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang mengikuti berita dunia beberapa minggu terakhir, pastinya sudah mengetahui kabar percobaan kudeta militer di Turki.

Sempat menguasai beberapa tempat di Istanbul, pemerintah Turki akhirnya berhasil memukul mundur pihak militer pembangkang dalam waktu singkat.

Di saat beberapa pihak berwenang melakukan investigasi mendalam tentang metode komunikasi atau siapa-siapa saja yang bertanggung jawab, seorang reporter berita TV Turki sepertinya memecahkan misteri tersebut.

Mengutip laman Gawker, Jumat (5/8/2016), reporter berita TV tersebut sedang mencari-cari tumpukan dan tak sengaja menemukan secarik kertas yang bertuliskan kode acak.

Tanpa sepengetahuan sang reporter, dirinya menyebutkan kalau kode-kode yang tertera di atas kertas tersebut merupakan cara bagaimana para militer berkomunikasi secara rahasia.

Jika kamu perhatikan dengan baik, di atas kode tersebut tertulis dengan jelas GTA IV (Grand Theaft Auto), sebuah gim open-world besutan Rockstar Games yang sangat populer. Saat diterjemahkan, kode tersebut bertuliskan:

GTA IV
Cheats
I/Health and Gun
II/Health and Armor

Selang beberapa saat mengungkap komunikasi "rahasia" tersebut, sang reporter berita pun langsung menjadi bahan cemoohan para netizen di media sosial.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.