Sukses

Diunduh 75 Juta Kali, Jumlah Pemain Pokemon Go Malah Berkurang

Jumlah pemain harian Pokemon Go terus merosot karena mereka merasakan kesulitan naik level.

Liputan6.com, California - Pokemon Go baru saja mencetak rekor dengan mencapai jumlah unduhan 75 kali.

Seperti disampaikan CNET dari lembaga analisa aplikasi mobile Sensor Tower pada Jumat (29/7/2016), jumlah tersebut terbilang fantastis mengingat Pokemon Go masih tergolong aplikasi yang baru dirilis sejak 6 Juli lalu.

Dalam waktu 19 hari sejak diluncurkan di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru, gim berburu monster besutan Niantic Labs dan Nintendo itu sudah menyentuh angka 50 juta unduhan.

Tentu termasuk rekor yang mengesankan karena gim ini mampu mengalahkan gim mega hits Color Switch dan Candy Crush. 

Color Switch membutuhkan waktu 77 hari untuk mendapatkan jumlah unduhan 50 juta kali. Sementara Candy Crush harus menghabiskan 112 hari agar bisa diunduh dengan jumlah serupa dengan Color Switch.

Anehnya, Pokemon Go harus kehilangan jumlah pemain harian. Menurut riset Survey Monkey seperti dilaporkan Comic Book, meski diunduh 75 juta kali, Pokemon Go hanya memiliki jumlah pemain tetap (yang artinya memainkan gim tersebut setiap hari, red.) sebanyak 25 juta pemain.

Sayangnya, seperti pada tabel grafik yang terpampang di bawah ini, jumlah pemain Pokemon Go terus merosot ke angka 20 juta pemain.

pokemon go trend
Riset SurveyMonkey juga mengungkap penurunan tersebut terjadi dikarenakan para pemain mengalami masa kesulitan naik level, apalagi naik dari level 15 ke 16 yang mana menangkap dan bertarung dengan Pokemon bukan lagi hal yang mudah.

Meski begitu, Pokemon Go setidaknya sudah mengalami kenaikan jumlah pengguna yang cukup baik. Dari tabel di atas, kita bisa lihat gim tersebut perlahan mengantongi jumlah pemain lebih banyak secara berkala. Dari 5 juta ke 10 juta, hingga ke angka 25 juta pemain.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini