Sukses

Dorong Industri Musik Nasional, XL Gaet Layanan Streaming Yonder

Liputan6.com, Jakarta - Layanan streaming musik di Tanah Air kembali kedatangan pemain baru, yakni Yonder. Tak sendiri, Yonder bekerja sama dengan XL untuk menghadirkan aplikasi musik di Indonesia.

Yonder merupakan layanan streaming musik asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Adam Kidron. Layanan ini menawarkan streaming musik yang dapat diunduh untuk dinikmati tanpa koneksi internet.

Chief Brand dan Customer Experience Officer XL, P Nicanor V Santiago III, menuturkan XL menggandeng Yonder bukan tanpa alasan. Menurutnya, XL ingin memenuhi kebutuhan pengguna Indonesia, khususnya konten digital lewat digital.

Tampilan aplikas Yonder di Android (sumber: googleplaystore.com)
"Saat ini streaming video dan musik sudah menjadi tren. Untuk itu, XL ingin menjadi brand yang relevan dengan konsumen Indonesia," ujarnya kepada tim Tekno Liputan6.com di kantor XL di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Ia menuturkan bahwa Yonder dipastikan hanya dapat dinikmati secara eksklusif oleh penggguna XL. Bagi XL, kerja sama dengan Yonder diharapkan dapat turut mengembangkan industri musik Indonesia.

Yonder memang diketahui menaruh perhatian pada musisi lokal di setiap negara yang dibidik. Hal itu juga diungkapkan oleh CEO Yonder Adam Kidron saat ditemui di kantor XL di Jakarta.

Ia mengatakan Yonder hadir dengan menawarkan model demokratis untuk para musisi. Menurutnya, Yonder tak membedakan antara musisi lokal dan musisi internasional, begitu juga dengan pembagian royalti.

"Hasil yang diperoleh seorang Rihanna dan Isyana tak ada bedanya. Kita juga menggandeng beberapa musisi lokal dan ini adalah kolaborasi yang sangat baik," ujar Kidron.

Salah satu bukti keseriusan Yonder adalah dengan menggandeng beberapa musisi dalam negeri untuk ikut memperkenalkan musiknya. Adam menuturkan saat ini Yonder telah mengajak Cita Citata melakukan rekaman di New York, Amerika Serikat (AS).

"Saya percaya dangdut bisa mendunia," ujar Kidron. Apabila sebuah musik telah memiliki penikmat, secara tak langsung itu bisa menarik pasar.

Ia mencontohkan, salah satunya adalah musik Bachata asal Republik Dominika yang nyatanya berhasil menarik perhatian publik AS. Bagi Anda yang ingin menikmati layanan Yonder, Anda dapat mengunduhnya toko aplikasi.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.