Sukses

Aplikasi Facebook Bakal Dilengkapi Kanal Khusus Olahraga

Liputan6.com, Jakarta - Kali ini, Facebook meluncurkan kanal baru bernama Sport Stadium. Kanal ini merupakan bagian dari aplikasi Facebook yang dibuat khusus bagi penggemar olahraga untuk membicarakan tentang pertandingan, berita, termasuk apapun yang berkaitan dengan olahraga.

Banyaknya pengguna layanan Facebook yang juga penggemar olahraga disebut jadi alasan perusahaan ini merilis fitur Sport Stadium. Sebab, berdasarkan data, ada lebih dari 650 juta penggemar olahraga yang menggunakan Facebook. Jumlah tersebut mencakup setengah dari pengguna Facebook saat ini, yakni 1,2 miliar.

Kanal Sport Stadium di aplikasi Facebook (sumber: newsroom.fb)

Kanal baru ini akan menampung seluruh percakapan yang berhubungan dengan olahraga dalam satu tempat. Beberapa informasi yang disertakan dalam kanal ini di antaranya adalah post dari teman, status dan live score, komentar dari para ahli, termasuk informasi sebuah pertandingan.

Dalam wawancara dengan Re/Code, Dan Read, Head of Sport Partnership Facebook menuturkan bahwa untuk menghadirkan kanal ini Facebook tidak memiliki rekanan khusus. Selain itu, kanal ini diharapkan dapat menambah pengalaman pengguna ketika menyaksikan sebuah pertandingan langsung.

"Kanal ini tak hanya menyediakan informasi tentang sebuah pertandingan, namun juga menyediakan percakapan dan interaksi vital di sekitar pertandingan yang penting untuk diketahui secara langsung," jelas Read, seperti dikutip dari laman Business Insider, Sabtu (23/1/2016).

Sebagai awalan, Facebook akan mulai menggulirkan fitur ini untuk pertandingan American Football. Namun, nantinya juga akan mendukung olahraga lain di seluruh dunia seperti basket dan sepak bola. Untuk sementara, baru pengguna iPhone di Amerika Serikat yang dapat menggunakan fitur ini. Setelah itu, secara bertahap fitur ini akan hadir di platform lain.

(Dam/Cas)