Sukses

#1TahunJokowi, Melongok Linimasa Jokowi di Twitter

Jumlah followers akun @jokowi meningkat lebih dari 50% dalam setahun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo -- akrab disebut Jokowi -- genap memasuki setahun perjalanannya sebagai Presiden Republik Indonesia. Sebagai orang nomor satu di tanah air, Jokowi tak pernah absen dari pemberitaan hingga media sosial, seperti Twitter.

Perlu diketahui, Jokowi memiliki akun pribadi dengan nama @jokowi. Sempat absen berkicau (tweet) selama delapan bulan, Jokowi kembali aktif agar dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat Indonesia. Berikut ini, ulasan singkat perjalanan Jokowi di Twitter. 

Sebelumnya, Jokowi tercatat memiliki lebih dari 2.3 juta pengikut (followers). Per hari ini ini, angka itu meningkat 55,9 persen. Ini menjadikan jumlah followers Jokowi bertambah menjadi 3,7 juta orang.

Jokowi juga menjadi pemilik akun Twitter yang mengalami penambahan followers terbanyak pada periode Juli lalu, yakni sebanyak 236.000 orang. Selain itu, Jokowi tercatat telah berkicau selama 127 kali pada Juni-Oktober di Twitter.

"Twitter menjadi media bagi Jokowi untuk terus terhubung, menanggapi berbagai isu yang sedang terjadi, dan mengambil tindakan atas aspirasi yang disampaikan masyarakat," ujar Twitter dalam siaran rilis yang diterima tim Tekno Liputan6.com, Rabu (21/10/2015).

Melalui Twitter, masyarakat dapat melihat kinerja pemerintahan Jokowi lebih transparan, baik dalam hal pembangunan, keamanan, hukum, sosial, politik, hingga budaya. Bahkan Twitter dapat menjadi media untuk melakukan diplomasi dengan pemimpin dari berbagai negara.

Kilas balik perjalanan Jokowi di Twitter

"Jokowi juga menjadi presiden pertama di kawasan Asia Pasifik yang memiliki dan menggunakan Periscope untuk berkomunikasi langsung dengan rakyatnya," ungkap Twitter.

Untuk lebih lengkap melihat kilas perjalanan Presiden Jokowi di Twitter selama satu tahun, Anda dapat mengunjungi blog Twitter Indonesia di URL berikut: https://blog.twitter.com/id/2015/1tahunjokowi-catatan-kerja-digital-presiden-jokowi.

(cas/dew)

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.