Sukses

Jam Tangan Bekas Astronot Ini Dilelang Rp 14 Miliar

Liputan6.com, California - Jika Anda ingin memiliki jam tangan yang pernah dikenakan oleh astronot NASA saat pergi ke luar angkasa, ini merupakan saat yang tepat. Karena, jam tangan milik astronot komandan Apollo 15, David Scott, dikabarkan akan segera dilelang.

Scott sendiri merupakan orang ke-7 yang menginjakkan kakinya di Bulan pada tahun 1971 silam. Jam tangannya tersebut akan dilelang di RR Auction Space dan Aviation Auction pdaa 11-22 Oktober 2015 mendatang.

Bahkan, jam tangan ini ditawarkan dari harga sekitar US$ 50 ribu atau sekitar Rp 710 jutaan sampai US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar.

Menurut informasi yang dilaporkan CNET, Jumat (9/10/2015), Apollo 15 merupakan misi luar angkasa NASA  pertama yang menggunakan kendaraan antariksa yang bernama `Lunar Rover`. Dengan menggunakan spacecraft ini, para kru astronot bisa menempuh perjalanan lebih cepat dari ekspedisi Bulan yang pernah dilakukan sebelumnya.

David Scott (Cnet)

Diungkap, pada saat itu para astronot memang harus memiliki ketepatan waktu dan perhitungan perjalanan dari situs pendaratan secara akurat. Scott merupakan salah satu astronot yang mendarat di Bulan dengan menggunakan jam tangan Bulova Chronograph seri 88510 yang tersimpan secara ketat di Lunar Module.

Pada awalnya, dia menggunakan jam tangan Omega Speedmaster, dan Bulova Chronograph hanyalah jam tangan cadangannya. Ketika dia berada di dalam Lunar Module, barulah ia menyadari bahwa kristal Hesalite pada Omega Speedmaster-nya telah hilang, mau tak mau ia menggunakan jam tangan cadangannya tersebut.

Bullova Chronograph (Cnet)

Setelah selesai melakukan misi ekspedisinya, Scott kembali ke Bumi mengenakan jam tangannya dengan total penggunaan selama 4 jam, 49 menit dan 50 detik.

Meski kini tak lagi mulus, jam tangan legendaris tersebut dijelaskan sangat membantu Scott dalam memperkirakan waktu yang berlangsung selama ia berada di Bulan. Di sebuah foto yang diperlihatkan, terdapat jam tangan Scott yang kini telah tergores dan tertempel debu.

"Fungsi utama dari Chronograph di permukaan Bulan adalah untuk melacak waktu yang berlalu dari penggunaan yang digunakan (oksigen, air, dan baterai) di ransel Portable Life Support System (PLSS)," tulis Scott dalam sebuah deskripsi yang menunjukkan kegunaan jam tangan tersebut.

(jek/cas)