Sukses

Ternyata Permukaan Pluto Tampak Seperti Bumi

Permukaan Pluto yang berhasil tertangkap oleh satelit New Horizons ternyata tampak seperti gletser dari Antartika di bumi.

Liputan6.com, Jakarta - NASA kembali merilis gambar permukaan Pluto yang tidak disangka ternyata memiliki kemiripan dengan kondisi bumi.

Dikutip dari laman Mirror, Jumat (18/9/2015), gambar yang diambil menggunakan satelit New Horizons ini berhasil menunjukkan bahwa pegunungan yang berada di permukaan Pluto ternyata diselubungi oleh semacam kabut.

Namun, berbeda dengan Bumi yang lebih banyak dipengaruhi oleh air, iklim di Pluto lebih banyak dipengaruhi nitrogen. Ini berakibat Pluto memiliki titik beku hingga -210 derajat celcius, dan dapat membuat kondisinya seperti badai salju.

NASA juga memperlihatkan bahwa nitrogen beku yang banyak terkandung di Pluto, terlihat seperti gletser yang ada di bumi.

Alan Howard, anggota misi Geology, Geophysics and Imaging Team dari University of Virginia juga terkejut dengan gambar permukaan Pluto yang dirilis NASA. Dia tak menyangka bahwa akan menemukan sebuah sistem cuaca yang familiar namun berada di daerah yang terjauh dari sistem tata surya.

"Secara mengejutkan ternyata Pluto memiliki tampilan yang mirip bumi dan tak seorang pun yang pernah memprediksi hal tersebut," tambah Howard.

Hasil tangkapan foto permukaan Pluto yang mirip seperti wilayah Antartika di Bumi ternyata juga dapat membantu memperkirakan mengenai keadaan Pluto yang sebenarnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Alan Stern, Principal Investigator dari New Horizons, "Gambar permukaan Pluto ini dapat menjadi semacam tambang dalam penyelidikan Pluto, sebab dari gambar itu dapat terungkap mengenai atmosfer, gunung, gletser, bahkan permukaan Pluto," katanya.

New Horizons sendiri merupakan pesawat luar angkasa yang dikirimkan NASA dengan misi untuk menyelidiki Pluto. Pesawat itu bertugas untuk menginvestigasi permukaan serta sistem yang ada di Pluto.

(dam/cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini