Sukses

Perlu Waktu Setahun Untuk Kirim Data dari Pluto

Setelah menunaikan misinya di Pluto, New Horizons butuh waktu setahun untuk kirim data ke bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Misi NASA untuk mengamati Pluto menggunakan kendaraan luar angkasa New Horizons pada bulan Juli 2015, kini telah sampai pada tahap pengunduhan. Tahap ini merupakan proses dimana seluruh data yang telah direkam akan dikirim ke bumi.

Namun, tampaknya proses ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari proses perekaman oleh New Horizons. Sebab, NASA mengatakan bahwa dibutuhkan waktu sampai setahun penuh untuk mengirimkan seluruh informasi tersebut melewati tata surya.

Dikutip dari laman The Verge, Kamis (10/9/2015), hal ini disebabkan New Horizon hanya mampu mengirimkan data sebesar 1-4 kilobyte per detik.

Bahkan jika menggunakan gelombang radio yang bergerak dengan kecepatan cahaya masih dibutuhkan empat setengah jam untuk sinyal bergerak melintasi 3 juta mil atau sekitar 4 juta kilometer untuk mencapai bumi dari New Horizons.

NASA mengungkapkan bahwa masih ada 95 persen data yang masih belum dikirimkan kembali ke bumi. Diperkirakan sisa data tersebut baru akan terkirim seluruhnya sampai Oktober 2016.

New Horizons merupakan pesawat luar angkasa yang dikirimkan NASA untuk menyelidiki Pluto. Pesawat itu bertugas untuk menginvestigasi permukaan dan sistem Pluto.

(dam/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.