Sukses

NASA Temukan Planet Misterius di Dekat Pluto

Planet tersebut dijuluki `Planet X` yang keberadaannya santer bisa mengganggu kehidupan tata surya

Liputan6.com, California - Usai melakukan ekspedisi melintasi orbit terdekat dengan planet Pluto, rupanya pesawat New Horizons tak berhenti untuk melanjutkan perjalanannya mengitari planet kerdil tersebut untuk mempelajari ekosistem utuh dari Pluto dan lingkungannya.

Baru-baru ini, pesawat milik NASA itu menemukan beberapa tanda yang merujuk kepada keberadaan planet misterius yang berlokasi di dekat Pluto. Planet tersebut mereka juluki sebagai `Planet X`.

Mengutip informasi yang dilansir Tech Times, Rabu (9/9/2015), masih belum diungkap kebenarannya apakah tanda-tanda tersebut memang merupakan sebuah bukti bahwa terdapat sebuah planet yang `hidup` di lokasi terjauh di tata surya tersebut. Pun begitu, tanda yang ditemukan New Horizons berupa sebuah `gundukan` es yang berada di dekat sabuk Kuiper.

Namun, hal tersebut tak ditampik oleh Scott Sheppard, seorang astronom dari Carnegie Insitute of Washington, yang menjelaskan bahwa temuan New Horizons tersebut bisa saja benar. Berdasarkan pantauannya selama ini, ia mencatat bahwa terdapat sesuatu yang lebih besar di wilayah Pluto.

Hal tersebut pernah ia teliti bersama Chad Trujill, seorang astronom dari Gemini Observatory Hawaii dengan menyusun bukti yang menunjukkan kemungkinan terdapat benda gravitasi besar yang dapat menganggu Pluto dah bahkan sistem tata surya.

"Sebuah benda besar ini akan `menganggu` apapun yang datang ke jaraknya. Jadi, objek alami yang berada dalam jarak terjauh dari benda pengganggu ini akan menjadi objek yang paling stabil," jelas Sheppard.

Belum bisa dipastikan apakah memang Planet X memiliki dampak lebih lanjut bagi Pluto dan tata surya. Para astronom mengungkap bahwa penelitian Planet X sangatlah sulit karena jarak planet dari Bumi sangatlah jauh.

Meskipun demikian, banyak astronom yang setuju bahwa planet ini tidaklah `hidup`. Namun sebaliknya, gagasan bahwa planet ini eksis kembali dilayangkan oleh para ilmuwan yang mencoba mencari penjelasan atas hal-hal `anomali` yang diamati di luar tata surya.

(jek/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini