Sukses

Gamepedia: Project CARS, Bukan Sekadar Game Balap Mobil Biasa

Berikut review singkat Project CARS, game balap mobil yang baru saja dirilis Bandai Namco baru-baru ini

Liputan6.com, Jakarta - Kali ini, tim Tekno Liputan6.com mengulas sebuah game racing yang baru saja dirilis pada 12 Mei 2015. Game ini berjudul Project CARS (Community Assisted Racing Simulator) yang digarap oleh Slightly Mad Studios dan dirilis Bandai Namco Games untuk konsol PS4 (PlayStation 4), Xbox One, danPC (melalui platform Steam).

Project CARS pada dasarnya tidak memiliki gameplay racing seperti game racing lainnya, bisa dibilang game ini justru menghadirkan ambience racing seperti yang ada di game Gran Turismo dan Forza Motorsport.

Berikut ini ulasan lebih dalam terkait Project CARS beserta kelebihan dan kekurangannya. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

>>> Selanjutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mekanisme & Gameplay

Mekanisme & Gameplay

Gameplay Project CARS menghadirkan fitur dimana Anda bebas memilih career path dari tier (tingkatan) kendaraan sesuai dengan tujuan yang dipilih.

Mekanisme yang ditawarkan di game ini adalah Anda harus mengatur strategi yang pas ketika berpacu di racing track. Anda harus tahu kapan menancap gas mobil , kapan harus mengerem mobil, dan kapan harus menyusul kendaraan lawan di racing track.

Review Project CARS

Dengan kata lain, gameplay Project CARS sejatinya memberikan `syarat khusus` dimana Anda harus konsentrasi penuh demi merancang strategi balapan yang kondusif.

Mengebut dengan kencang dan asal-asalan bukanlah alternatif yang disarankan agar Anda tetap bertahan di racing track. Jika Anda tetap melakukan cara tersebut, mobil secara otomatis akan keluar dari jalur balapan, tertabrak atau bahkan terguling.

Visualisasi ketika mengendarai mobil di racing track juga terbilang sempurna dan detil dengan menampilkan view dashboard mobil yang dikendarai.

>>> Selanjutnya

3 dari 4 halaman

Environment

Environment

Setting environment yang diperlihatkan pada game ini begitu realistis dan impresif. Tak hanya memperlihatkan keindahan setiap detil yang hadir di environment game ini, Project CARS juga menghadirkan fitur environment effect ke mekanisme kerja mobil yang dikendarai di racing track.

Contohnya ketika pada saat siang hari dengan suasana cuaca terik, environment ini otomatis akan membuat mobil yang dikendarai akan terus melaju kencang tanpa adanya hambatan.

Review Project CARS

Lain halnya jika mobil yang dikendarai melaju dalam kondisi cuaca hujan dan berangin. Anda akan terganggu dengan titik hujan yang menghiasi kaca depan bagian mobil.

Belum lagi akan ada efek air yang dihempaskan di bagian belakang mobil, dimana akan memperlambat kinerja pacu mobil Anda. Bahkan, permukaan jalan juga bisa menjadi lebih licin dan menyebabkan kemungkinan selip ban menjadi tinggi.

>>> Selanjutnya

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kesimpulan

Nilai: 8 dari 10

Secara keseluruhan, Project CARS adalah sebuah game racing yang bukan sekadar game racing biasa yang sering Anda mainkan. Game ini tidak menghadirkan fitur unlockable sama sekali, mulai dari koleksi mobil, lintasan, modifikasi bahkan lokasi tertentu.

Ketika Anda memainkan game ini untuk pertama kali, semuanya sudah tersedia dengan komplit dan apik. Ini menjadi salah satu kelebihan Project CARS karena tidak menghadirkan konten berbayar tambahan.

Dengan hadirnya semua fitur secara komplit, tentunya mampu membantu Anda untuk bisa melancarkan career path di game ini. Mulai dari mengikuti kompetisi berskala kecil dengan menggunakan mobil biasa sampai masuk ke kompetisi berskala profesional dengan mobil berkualitas kelas atas.

Soal tampilan visual, game ini memiliki grafik yang begitu sempurna dan mendetil di setiap objek yang dihadirkan. Tak heran karena developer game ini melakukan hal serupa dalam memoles tampilan visualnya di seri game sebelumnya.

Review Project CARS

Sayangnya, game ini masih memiliki banyak `glitch` yang menganggu pemandangan Anda ketika sedang balapan di racing track, terkadang glitch tersebut muncul ketika mobil menumpuk dan ditabrak lawan.

Jika Anda seorang penggemar game racing yang menginginkan sebuah game dengan gameplay racing yang nyata dan ingin mengasah skill balapan dengan mengusung career path, Project CARS merupakan game racing terbaik yang patut dicoba.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini