Sukses

Cegah Anak Jadi Korban Cyberbullying, Ibu Diimbau Melek Internet

Dengan mengetahui lebih banyak soal internet, ibu bisa melindungi keluarga, terutama anaknya agar tidak menjadi korban cyberbullying.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Direktur & Chief Executive Officer (CEO), PT XL Axiata (XL), menghimbau kaum perempuan untuk lebih memahami dan memanfaatkan internet. Selain untuk pribadi, keuntungan dari pemahaman terhadap internet juga dapat bermanfaat bagi keluarga.

Salah satu keuntungan dari pemanfaatan internet adalah dapat mencegah anak menjadi korban kekerasan cyber atau cyberbullying. Meski anak-anak muda saat ini bisa dibilang tidak lagi asing dengan internet, para orangtua baik ayah atau ibu, dihimbau untuk tidak lepas tangan begitu saja.

"Teknologi itu memiliki sisi negatif dan positif. Dengan mengetahui lebih banyak soal internet, perempuan bisa melindungi keluarga, terutama anaknya agar tidak menjadi korban internet seperti cyberbullying dan serangan cyber lainnya," jelas Dian di Hotel Manhattan Kuningan, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Secara khusus, Dian meminta para ibu untuk lebih mengetahui dan menggunakan internet. Pasalnya, menurut laporan 2014 dari lembaga riset independen TNS, tingkat penggunaan internet oleh kalangan perempuan di Indonesia lebih rendah 30-40 persen dibandingkan negara-negara ASEAN lain.

Untuk menutup kesenjangan itu, kata Dian, maka XL mendedikasikan tahun ini dengan mendorong kemajuan perempuan melalui pemanfaatan internet. Salah satunya dengan meluncurkan layanan Sisternet.

Aplikasi atau layanan web Sisternet dilengkapi berbagai fitur seperti forum diskusi, tips kesehatan, karir, dan informasi kehidupan berkeluarga. Mengenai fitur forum, pengguna bisa saling berdiskusi dan berbagi pengetahuan atau pengalamannya mengenai berbagai topik.

"Dengan saling berbagi, tujuan kami mendorong perempuan melek internet bisa tercapai," tutur Dian.

(din/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini