Sukses

Komodo Ada di Google Doodle Demi Rayakan Hari Bumi 2015

Google Doodle menampilkan animasi globe berputar dan penghuni bumi, seperti komodo untuk rayakan Hari Bumi 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Google Doodle hari ini ikut merayakan Earth Day 2015 atau Hari Bumi 2015. Coba buktikan dengan membuka halaman depan Google. Anda akan menemukan sebuah gambar animasi dengan latar belakang hitam dan sebagian kecil penghuni bumi pada huruf Google, serta globe yang berputar untuk menunjukkan huruf O.

Namun, perhatikan fauna yang terdapat pada huruf L. Google Doodle menempatkan spesies langka dari Indonesia, yaitu komodo. Ya, komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.

Sebenarnya, memasukkan komodo dan berbagai penghuni bumi lainnya di Google Doodle hari ini bermakna bahwa bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang memiliki tanda-tanda kehidupan. Tujuannya tidak lain adalah wujud penghormatan pada bumi, mengutip dari laman India.com.

Tanggal 22 April pertama kali ditetapkan sebagai Hari Bumi setelah lahirnya gerakan lingkungan pada tahun 1970 oleh Gaylord Nelson. Sebelumnya, Hari Bumi terbatas hanya dirasakan di Amerika saja. Namun, pada tahun 1990, sebuah organisasi yang dicetuskan oleh Denis Hayes membuat perayaan tersebut sebagai acara internasional dan diselenggarakan di 141 negara.

Menariknya lagi, Google Doodle kali ini hadir dengan sebuah pertanyaan `which animal are you? (hewan apakah dirimu)`. Pertanyaan tersebut mengarah ke sebuah kuis bertajuk Earth Day Quiz. Di sana, peserta dapat memilih apa yang mereka suka dan yang tidak disukai.

Bukalah laman Google hari ini dan temukan Google Doodle dengan animasi luar penghuni bumi dan globe berputar untuk rayakan Earth Day 2015.

Jika Anda mencoba memainkan kuis tersebut, Anda akan ditantang untuk menjawab lima pertanyaan. Setelah menjawab seluruh rangkaian kuis, Anda akan mendapatkan sebuah gambar hewan yang merefleksikan jawaban Anda.

Jadi, selamat Earth Day 2015 atau Hari Bumi 2015! Juga, selamat mencoba kuis yang disuguhkan oleh Google Doodle!

(auf/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini