Sukses

4 Perangkat Teknologi Inovatif yang Sukses Berkat Donasi

Tidak sedikit produk teknologi canggih nan unik yang lahir dari program donasi Kickstarter.com.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, Kickstarter.com menjadi sebuah inkubasi bagi ide-ide gila produk teknologi inovatif. Para produsen independen berlomba-lomba memamerkan produk teknologi kreatif mereka di situs yang berbasis di New York itu guna menarik minat para penyumbang dana.

Dan hasilnya tidak sedikit produk teknologi canggih nan unik yang lahir dari program donasi Kickstarter.com. Situs ini kini seakan menjadi gantungan harapan para teknopreneur-teknopreneur berbakat yang tidak memiliki modal kuat.

Berikut adalah 4 produk teknologi inovatif yang berawal dari Kickstarter.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pebble SmartWatch

1. Pebble SmartWatch

Bisa dikatakan Pebble adalah produk smartwatch pertama di dunia. Meksi digarap oleh produsen independen yang belum memiliki nama sebesar Samsung atau pun Apple, namun jam tangan pintar Pebble mampu menjadi standar tolak ukur kualitas dan kelengkapan fitur produk smartwatch hari ini.

Pebble dapat terkoneksi dengan samrtphone berbasis iOS atau pun Android., kompatibel dengan serangkaian aplikasi kebugaran, serta dapat digunakan untuk menerima dan membuat panggilan telepon. Saat dipamerkan di Kickstartet.com, Pebble meraup dana donasi sebesar US$ 10.266.845.

3 dari 5 halaman

Ouya

2. Ouya

Ouya adalah konsol game pertama di dunia yang berbasiskan sistem operasi mobile Android. Ouya menjadi begitu populer karena mampu memberikan pengalaman baru dalam memainkan jenis-jenis game mobile. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau, yakni US$ 99 atau sekitar Rp 1,1 jutaan. Dan serunya lagi, hanya dengan merogoh kocek US$ 60 atau Rp 700 ribuan, pengguna sudah bisa mendapatkan lebih dari 800 judul game.

Saat mengumpulkan dana di Kickstarter.com, Ouya berhasil mendapatkan donasi mencapai US$ 8.596.474.

4 dari 5 halaman

The Form 1 Professional 3D Printer

3. The Form 1 Professional 3D Printer

Teknologi printer 3D booming di awal tahun 2014 ini. Salah satu penyebabnya adalah produk yang satu ini, The Form 1 Professional 3D Printer. The Form 1 merupakan printer 3 dimensi dengan resolusi tinggi pertama yang dijual dengan harga 'terjangkau'.

Harga pasarannya adalah US$ 3.299 atau hampir mencapai Rp 40 juta. Memang harganya masih tergolong mahal, namun harga tersebut ternyata masih jauh lebih murah dibandingkan printer 3D konvensional. The Form 1 sukses mengumpulkan donasi sebesar US$ 2.945.885 saat muncul di Kickstarter.com.

5 dari 5 halaman

Oculus Rift

4. Oculus Rift

Mungkin ini adalah salah satu produk teknologi yang paling fenomenal yang pernah 'mejeng' di Kickstarter.com. Bagaimana tidak? Pesona Oculus Rift bahkan telah terbnukti mampu menarik perhatian CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Di awal tahun 2014 ini bahkan sang pendiri Facebook sampai membeli perusahaan Oculus Rift dengan tebusan mencapai US4 2 miliar.

Oculus Rift memang sudah digemari para pengguna internet sejak awal. Saat mengumpulkan donasi di Kickstarter.com, perangkat virtual reality ini berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 2.437.429

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini