Sukses

Samsung Mau Buat Kartu Grafis Sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Samsung sepertinya akan semakin meluaskan perannya di pasar chipset dunia. Setelah membuat desain system on chip (SoC) di jajaran Exynos, perusahaan asal Korea Selatan tersebut dikabarkan berminat membuat kartu grafis alias GPU sendiri.

Rencana strategis tersebut masih belum diungkap secara resmi oleh Samsung. Namun, rumor tentang keinginan vendor yang merajai pasar ponsel dunia itu telah menyeruak di kalangan pengamat industri teknologi.

Sebuah laporan yang diungkap Fudzilla menyebutkan bahwa Samsung terindiksi akan membangun GPU milik sendiri. Pertanda dari Samsung diketahui ketika perusahaan siap merekrut sejumlah pihak yang berasal dari perusahaan ternama, seperti Nvidia, AMD dan Intel.

Meski belum resmi diumumkan Samsung, rencana tersebut telah dikonfirmasi sejumlah sumber dari perusahaan yang berbasis di Silicon Valley maupun orang dalam Samsung sendiri.

Pengembangan GPU milik Samsung ini diprediksi bakal memakan waktu yang cukup panjang. Setidaknya butuh waktu dua tahun untuk mendesain sebuah chip bahkan bakalan butuh waktu lebih panjang bagi perusahaan yang baru pertama kali melakukannya.

Samsung diprediksi akan membutuhkan perjuangan yang tak mudah. Namun jika usaha Samsung mengembangkan chipset grafis miliknya berhasil, maka akan menambah keuntungan tersendiri buat Samsung, seperti yang sudah dilakukan Apple pada SoC yang disesuaikannya.

Nvidia dan AMD bisa jadi dua perusahaan pembuat chip grafis yang rekam jejaknya bisa dipelajari Samsung. Keduanya melakukan 'percobaan' berkali-kali demi menghasilkan chip yang baik. Chip pertama Nvidia, yakni NV1, bukan termasuk yang terbaik. Chip keduanya, Riva 128, punya performa lebih baik dan yang ketiga, Riva TNT, baru terbilang mulai mumpuni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.