Sukses

Perangkat Windows Phone Anyar Bakal Didukung Kontrol Gerak

Hadirnya teknologi 3D Touch ini membuat pengguna tidak perlu menyentuh layar saat menggunakan perangkat mereka.

Liputan6.com, California - Beberapa waktu lalu berhembus kabar mengenai smartphone flagship Windows Phone terbaru besutan Microsoft dengan kode nama 'McLaren'. Saat ini informasi tersebut kembali menyeruak.

Laman Phone Arena, Selasa (10/6/2014), melaporkan bahwa smartphone 'McLaren' akan memiliki sistem 3D Touch. Cara kerja teknologi ini sama dengan Kinect Microsoft yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat tanpa menyentuh layarnya.

Teknologi ini disebut akan menjadi fitur eksklusif untuk perangkat Microsoft, sehingga tidak akan ada di perangkat Windows Phone yang diproduksi oleh manufaktur lain. Kehadiran teknologi ini tidak terlepas dari peran Nokia, yang dikabarkan telah menyiapkan 3D Touch selama beberapa tahun.

Smartphone dengan dukungan 3D Touch hanya akan bekerja jika sensor yang ada dalam perangkat mendeteksi pengguna sedang memegang perangkat tersebut.

Selain itu, pengguna juga bisa berinteraksi melalui sisi ponsel. Misalnya, pengguna bisa melakukan zoom dengan menggeser jari di sisi ponsel untuk mengambil gambar. Perangkat yang dibenami 3D Touch juga dapat merasakan bagaimana pengguna memegang dan akan menyesuaikan tampilan layar.

Teknologi anyar ini dilaporkan menggunakan sejumlah sensor hardware dan akan memungkinkan pengguna menjawab panggilan telepon dengan meletakkan ponsel ke telinga.

Kemampuan lainnya diprediksi bisa mengaktifkan loud speaker dengan meletakkan perangkat di tempat datar, serta mematikan panggilan telepon dengan memasukkannya ke dalam saku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini