Sukses

INABUYER B2B2G Expo 2024 Digelar, Pertemukan Buyer Internasional dengan UMKM

Pada hari ini acara INABUYER B2B2G EXPO 2024 diresmikan oleh Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa/LKPP, Hendrar Prihadi; Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga; Wakil Menteri Pertahanan, Muhammad Herindra; Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman; dan Ketua Umum HIPPINDO dan Budihardjo Iduansjah.

Liputan6.com, Jakarta INABUYER B2B2G Expo 2024 resmi dibuka hari ini oleh beberapa tokoh penting, termasuk Ketua LKPP Hendrar Prihadi, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra, Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman, dan Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah.

Expo ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Koperasi & UKM, LKPP, HIPPINDO, Smesco, serta inisiatif dari Spectindo.

INABUYER B2B2G Expo adalah wadah yang mempertemukan buyer dari sektor swasta, BUMN, pemerintahan, hingga buyer internasional untuk melakukan business matching, networking, dan penandatanganan kontrak secara langsung dengan Koperasi dan UMKM.

Event ini unik karena menyediakan platform di mana buyer dapat menunggu kedatangan supplier, mempercepat proses pengadaan dengan menemukan produsen atau supplier lokal yang berkualitas.

Menurut Jerry Sambuaga, Inabuyer merupakan salah satu upaya untuk memajukan perekonomian supaya bisa naik kelas.

"Pertumbuhan ekonomi saat ini stabil di kisaran 5 persen, tidak pernah dibawah 4 persen hal ini didukung juga oleh semua pihak. Dengan memajukan produk-produk harus dengan banyak koordinasi salah satunya melalui program Inabuyer ini, Hippindo dan team mempertemukan pemilik produk lokal dengan buyernya.” ujarnya.

Pada tahun 2023, INABUYER telah mencatatkan nilai potensi kerjasama sebesar Rp 1,003 triliun, dengan 5.613 pengunjung, 102 booth supplier, 82 booth buyer, dan dihadiri oleh 32 kementerian/lembaga.

Event ini mendukung Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan penggunaan produk dalam negeri dan produk UMKM.

Selain itu, juga mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN), serta berbagai kebijakan yang mendorong penggunaan produk lokal sebagai substitusi impor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ragam Kegiatan Menarik

Expo tahun ini menampilkan berbagai kegiatan menarik seperti talkshow, diskusi panel, workshop, seminar, member gathering, hingga peluncuran Komunitas Buyer.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung percepatan rantai pasok sehingga tercipta produk-produk yang bervariasi.

Selain kolaborasi dengan Kemenkop dan UKM, HIPPINDO juga bekerja sama dengan Kemendikbudristek untuk mengintegrasikan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri.

Ini termasuk pelatihan yang dirancang untuk menciptakan tenaga kerja siap pakai yang dapat bersaing di pasar global.

INABUYER B2B2G Expo 2024 diharapkan menarik investasi asing dalam proyek e-katalog pemerintah, rantai pasok BUMN, ritel, dan infrastruktur seperti Ibu Kota Negara (IKN).

"Strategi ini dapat menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kerjasama internasional dan mendukung pertumbuhan ekonomi," tambah Budihardjo.

Dengan berbagai inisiatif dan dukungan dari pemerintah serta swasta, INABUYER B2B2G Expo 2024 diharapkan menjadi platform yang signifikan dalam mendorong kemajuan industri dalam negeri dan memperkuat ekonomi Indonesia di kancah internasional.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini