Sukses

Ungguli BlackBerry, Windows Phone Makin Diminati di AS

Windows Phone disinyalir akan terus menunjukkan pertumbuhan yang meski lambat, namun diyakini akan terus mengarah pada tren positif.

Liputan6.com, Perlahan namun pasti Windows Phone mulai diminati oleh para pengguna perangkat mobile. Menurut lembaga survei Nielsen, sistem operasi mobile besutan Microsoft itu berhasil meningkatkan pangsa pasarnya untuk wilyah Amerika Serikat.

Dilansir laman Ubergizmo, Minggu (27/4/2014), laporan Nielsen untuk kuartal pertama tahun 2014 menunjukkan bahwa Windows Phone menguasai 3% pangsa pasar sistem operasi mobile di AS. Jumlah tersebut sukses mengungguli BlackBerry yang hanya mendapatkan 2% pangsa pasar.

Sementara itu, Android masih menguasai pangsa pasar sistem oeprasi di AS dengan market share mencapai 52%. Disusul iOS milik Apple yang memiliki 42,5% pangsa pasar.

Untuk kategori vendor perangkat mobile, Apple menjadi yang teratas dengan mendominasi 42,5% pangsa pasar. Disusul oleh Samsung (28,7%), serta LG (7%). Sedangkan Nokia dan BlackBerry sama-sama berbagai 2% pangsa pasar.

Windows Phone disinyalir akan terus menunjukkan pertumbuhan yang meski lambat, namun diyakini akan terus mengarah pada tren positif. Terlebih, Microsoft belum lama ini telah merilis update sistem operasi Windows Phone 8.1 yang kabarnya sukses menarik perhatian sejumlah vendor perangkat untuk mengadopsinya.

Windows Phone 8.1 sendiri hadir dengan sejumlah fitur unggulan. Beberapa di antaranya adalah dukungan fitur USB On The Go (OTG) yang memungkinkan penggunanya untuk mencolokkan perangkat eksternal seperti flashdisk, ataupun keyboard melalui konektivitas USB yang tersedia.

Lalu ada fitur anyar bernama 'Action Center' yang serupa dengan fitur 'Notification Center' pada sistem operasi Android. Disertakan juga fitur 'WiFi Sense', dan yang paling menarik adalah ketersediaan fitur asisten pribadi berbasis navigasi suara yang disebut 'Cortana'.

Teknologi asisten pribadi berbasis suara besutan Microsoft ini diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik dari dua pesaingnya, Siri untuk iOS dan Google Now di perangkat Android. Cortana digadang-gadang sebagai teknologi yang memiliki kemampuan belajar dan beradaptasi yang ditenagai mesin pencari Bing. Cortana juga diklaim mampu melakukan interaksi dan mempelajari penggunannya secara pribadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.