Sukses

Pabrik Smartphone Milik Evercoss Siap Beroperasi Tahun Ini

Pabrik smartphone milik Evercoss yang ada di Semarang akan lebih difokuskan untuk melakukan proses perakitan perangkat.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, PT Aries Indo Global (AIG) selaku induk perusahaan Evercoss, di akhir tahun 2013 kemarin sempat mengumumkan rencana pembangunan pabrik smartphone pertamanya di Indonesia senilai Rp 1 triliun.

Terkini, Chief Marketing Officer (CMO) Evercoss Djanto Djojo mengungkapkan bahwa pabrik yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah itu akan siap beroperasi di tahun 2014 ini. Namun sayang Djanto enggan memberi keterangan lebih lanjut terkait waktu pasti peresmiannya.

"Pabrik smartphone yang di Semarang rencananya sudah siap beroperasi tahun ini. Waktu tepatnya saya belum bisa ungkapkan. Nantilah pasti diumumkan," Kata Djanto saat ditemui di acara peluncuran phablet terbaru Evercoss Elevate A66S hari ini, Senin (3/3/2014), di Jakarta.

lebih lanjut Djanto menerangkan, pabrik milik Evercoss yang ada di Semarang akan lebih difokuskan untuk melakukan proses perakitan perangkat. Sedangkan untuk parts tetap masih akan bekerjasama dengan manufaktur yang berbasis di China.

"Pabrik itu nantinya untuk proses perakitan. Kita belum bisa produksi beberapa jenis parts sendiri," lanjut Djanto.

Sebelumnya di bulan September 2013 kemarin, Direktur PT Aries Indo Global Edward Sofiananda mengatakan bahwa pabrik bernilai investasi Rp 1 triliun itu akan berada di tanah seluar 8 hektare (ha). Pada investasi kali ini, perusahaan memperoleh dana dari kas internal perseroan dan pinjaman bank. Adapun rasio pembagian dananya 50:50.

Pada tahap pertama, akan ada 10 line produksi ponsel. Nantinya, perusahaan bisa memproduksi 500 ribu hingga 600 ribu unit ponsel per bulan.

Adapun pemilihan Semarang sebagai lokasi pabrik, diakui lebih karena pertimbangan tingkat Upah Minimum Provinsi (UMP) yang masih tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat UMP di DKI Jakarta.

Baca juga: 
Produsen Ponsel Evercross Bangun Pabrik Rp 1 Triliun 
Evercoss Elevate A66S, Phablet Lokal `Ahlinya` Foto Selfie
Evercoss A7T, Smartphone Android Bundling BBM Hanya Rp 750 Ribu
BBM Siap Hadir Secara Pra-Instal di Ponsel LG
Pengamat: 2014, Brand Lokal Bakal Bangkit
BBM Akan Hadir Pra-Instal di Ponsel Murah Android 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini