Sukses

Korban Terakhir Longsor Blitar Ditemukan, Tim SAR Dibubarkan ke Satuan Masing-Masing

Gunawan merupakan korban keempat dan terakhir yang sedang dalam pencarian tim SAR gabungan.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, yang juga merupakan SAR Mission Coordinator (SMC) Muhamad Hariyadi mengungkapkan, pihaknya menemukan Gunawan (45), korban bencana alam tanah longsor di Dusun Sukrorejo, Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Blitar.

“Sekitar pukul 11.45 WIB, pada pencarian hari kedelapan, Tim SAR gabungan menemukan jenazah korban dalam keadaan tertimbun material longsor kemudian korban dapat berhasil dievakuasi pukul 14.05 untuk selanjutnya dibawa menuju RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Blitar," ujarnya, Minggu (7/7/2024).

Gunawan merupakan korban keempat dan terakhir yang sedang dalam pencarian tim SAR gabungan.

Sebelumnya, tiga korban bencana alam tanah longsor yang terjadi pada Minggu (30/06) yakni Anto (23) ditemukan selamat sedangkan Jarianto (62) dan Mugiono (69) ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia.

Dengan telah ditemukannya seluruh korban, unsur SAR yang terlibat dalam pencarian ini melaksanakan debriefing sebelum kembali ke satuan masing-masing.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh unsur yang bekerja sama dengan tim rescue Pos SAR Trenggalek selama delapan hari pencarian ini," ucap Hariyadi.

Pencarian ini melibatkan kurang lebih 100 personel dari berbagai unsur gabungan, antara lain tim rescue Pos SAR Trenggalek, BPBD Kabupaten Blitar, BPBD Jatim, Polsek Kesamben.

KODIM, Yonif 511, RESOB, PMI, Tagana, SAR Kanjuruhan, Banser, Damkar, Orari, RAPI, SAR MTA, Trenggana, LMI, Jaladri, Lintamal, Mapala, Dinas Sosial, PLN, JSC, MDMC, RSI, serta masyarakat sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.