Sukses

Embarkasi Surabaya Mulai Berangkatkan Calon Haji Gelombang II, Kloter Terakhir Terbang 10 Juni 2024

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris memastikan kloter 47 dan 48 asal Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, hari ini mengawali pemberangkatan jamaah calon haji gelombang II.

Liputan6.com, Surabaya - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya mulai memberangkatkan jemaah calon haji gelombang II ke Tanah Suci mulai dari Kelompok Terbang (kloter) 47 hingga 106.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris memastikan kloter 47 dan 48 asal Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, hari ini mengawali pemberangkatan jamaah calon haji gelombang II.

"Sedangkan terakhir Kloter 106 nanti dijadwalkan berangkat 10 Juni 2024," katanya, Jumat (24/5/2024).

Berbeda dengan jamaah calon haji gelombang I yang penerbangannya mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz, Madinah, dan kemudian terlebih dahulu menjalankan ibadah Arbain, gelombang II mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, serta langsung menuju Makkah untuk menunaikan ibadah umrah wajib sampai dengan pelaksanaan puncak haji.

Abdul Haris menjelaskan ibadah di Makkah tersebut mewajibkan calon haji mengenakan pakaian ihram.

"Maka diimbau mempersiapkan kain ihramnya karena ada beberapa jemaah yang akan membacakan niat di atas pesawat, karena akan mengawali ibadah umrah di Qarnul Manasil," ujarnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur itu bahkan menyarankan jamaah yang tergabung dalam gelombang II mengenakan pakaian ihram sejak berangkat dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

"Sebagai antisipasi menghindari antrean yang menumpuk seandainya berganti pakaian ihram di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah," tuturnya.

Sedangkan niat ihram dapat dilakukan oleh jemaah calon haji di atas pesawat saat telah melintasi wilayah Yalam lam.

"Atau niat ihram bisa dibacakan ketika sudah sampai di Bandara Jeddah yaitu jelang melanjutkan perjalanan darat menuju Makkah," ucap Haris.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

16 Kloter Jemaah Haji Indonesia Gelombang Kedua Tiba di Jeddah

Jemaah haji Indonesia yang terbang pada fase keberangkatan gelombang kedua mulai tiba di Jeddah. Dua kelompok terbang (kloter) tiba bersamaan di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, Jumat (24/5/2024), pukul 03.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

Sebanyak 388 jemaah tergabung dalam kloter 27 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-27) dan ada 388 jemaah kloter 10 Embarkasi Padang (PDG-10). Mereka tiba di Jeddah sudah mengenakan pakaian ihram lengkap. Dari bandara, mereka bertolak ke Kota Makkah untuk menjalankan ibadah umrah wajib.

Fase keberangkatan jemaah haji gelombang kedua berlangsung dari 24 Mei sampai 10 Juni 2024. Jemaah haji terbang dari embarkasi di Tanah Air menuju King Abdul Aziz Internastiol Airport (KAAIA) Jeddah. Mereka diimbau langsung menuju Makkah untuk menunaikan umrah wajib.

Konsul Jenderal (Konjen) Republik Indonesia Jeddah Jeddah Yusron B Ambary mengatakan kedatangan jemaah haji hari ini menandai dimulainya fase kedatangan jemaah haji gelombang dua di Arab Saudi.

"Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Seluruh jemaah tiba dalam keadaan baik dan sehat," kata Yusron saat penyambutan jemaah haji di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, dikutip dari siaran pers, Jumat (24/5/2024).

"Tadi ada penyambutan secara khusus, baik dari pihak imigrasi maupun dari Arab Saudi. Jemaah dari Jakarta ini termasuk yang sudah mendapat layanan fast track. Jadi mereka mengarahkan," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.