Sukses

Alumni Al-Azhar Cabang Jatim Dukung Gus Barra Maju Jadi Bupati Mojokerto 2024

Koordinator acara buka bersama Haqi, mengatakan bahwa acara ini digelar untuk mempererat tali silaturahmi sesama alumni Al-Azhar yang jumlahnya mencapai ribuan di Jawa Timur.

Liputan6.com, Mojokerto - Ratusan alumni Universitas Al-Azhar, Mesir yang tergabung dalam Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar Indonesia (OIAA) Cabang Jawa Timur mendukung Muhammad Al Barra maju sebagai Bupati Mojokerto.

Deklarasi dukungan tersebut dilakukan dalam acara buka bersama anggota OIAA Cabang Jatim di kediaman Gus Barra, sapaan akrab Muhammad Al Barra di Pacet, Mojokerto, Sabtu (30/3/2024).

“Alumni Al-Azhar Jawa Timur mendukung Gus Barra menuju Bupati Mojokerto 2024,” seru Sekjen OIAA cabang Jatim, Haqi disambut teriakan para alumni lainnya sambil mengepalkan tangan, “Budal, Gus!”

Haqi, yang juga koordinator acara buka bersama tersebut mengatakan bahwa acara ini digelar untuk mempererat tali silaturahmi sesama alumni Al-Azhar yang jumlahnya mencapai ribuan di Jawa Timur.

“Bulan suci Ramadhan seharusnya diisi dengan kegiatan yang bernilai ibadah, salah satunya dengan menggelar silaturahmi sesama alumni dalam acara buka bersama ini,” katanya.

Haqi menyebut, Gus Barra adalah salah satu alumni Al-Azhar yang memiliki segudang pengalaman dalam memimpin dan ngemong (mengayomi) masyarakat baik sebagai kiai muda atau pejabat negara.

Gus Barra saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Mojokerto periode 2021-2024. Haqi mengatakan, kiai yang mau mengayomi masyarakat lewat jalur politik perlu didukung karena akan memperluas cakupan dakwa.

Gus Barra ini memang punya kapasitas memimpin masyarakat. Prestasinya tak perlu dipertanyakan lagi. Kami sebagai sesama alumni punya keterpanggilan untuk mendukung beliau maju sebagai Bupati Mojokerto 2024,” ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosok Pembawa Perubahan

Gus Barra, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Surabaya ini sebelumnya mendapat dukungan untuk maju sebagai bupati dari Ketua Umum Jaringan Nasional Keumatan (JNK), Nanang Firdaus Masduki.

Dukungan tersebut disampaikan dalam pertemuan yang digelar di Sekretariat JNK di BSD Tangerang Banten, yang diselenggarakan secara offline dan online, Rabu (27/3/2024).

Kiai Nanang, sapaan akrab Ketum JKN ini menyebut bahwa kegiatan tersebut dihadiri oleh akademisi, aktivis dan tokoh-tokoh alumni kampus luar negeri dan juga dalam negeri.

Dirinya mengaku mengenal Gus Barra sejak bersama-sama menjadi mahasiswa di Al-Azhar.

"Sosok pembawa perubahan yang paling tepat untuk Kabupaten Mojokerto ada pada diri Muhammad Al Barra, yang akan membawa warga Mojokerto menjadi warga yang maju, adil dan makmur," kata Kiyai Nanang.

 

3 dari 3 halaman

Rekomendasi dari PAN

Sebelumnya, Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Al Barra atau Gus Barra mendapat rekomendasi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Pemberian rekomendasi ini diserahkan oleh Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig kepada Gus Barra di Kantor DPW PAN Jatim di Surabaya, Selasa (26/12/2023) sore.

Rizki Sadig mengatakan, PAN sudah melirik Gus Barra untuk dicalonkan sebagai cabup Mojokerto sejak lama.

"Ini sebenarnya ketua umum PAN sudah menyatakan kurang lebih sekitar 2 tahun lalu pada saat saya mendaulat Gus Bara sebagai kader PAN. Saat itu bersilaturahmi ke Ponpes Amanatul Ummah. Jadi ini bentuknya formalitas dari proses panjang yang sudah dilakukan oleh PAN dengan keluarga besar Ponpes Amanatul Ummah," tambah Rizki Sadig.

Rizki melanjutkan, rekomendasi kepada Gus Barra diberikan PAN atas keinginan dari para kader di Mojokerto.

"Jadi proses ini dilakukan sebelum proses pileg, tentu ini untuk menjawab semua keraguan, mungkin ada pertimbangan grass root, simpatisan, kader PAN, maka rekomendasi ini kami keluarkan. Seluruh infrastruktur PAN di Kabupaten Mojokerto akan diarahkan untuk menyukseskan pencalonan Gus Barra pada Pilkada 2024," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.