Sukses

Pelabuhan Jangkar Situbondo Mulai Batasi Kendaraan Logistik Menyeberang ke Madura

Otoritas Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai membatasi muatan kendaraan logistik angkutan penyebrangan dari Situbondo ke Pulau Madura, menjelang arus mudik Lebaran 2024.

Liputan6.com, Situbondo - Otoritas Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, mulai membatasi muatan kendaraan logistik angkutan penyebrangan dari Situbondo ke Pulau Madura, menjelang arus mudik Lebaran 2024.

“Khusus kendaraan logistik dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas Kabupaten Sumenep, Madura, sudah kami setop per hari ini,” ujar Wakil Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar, Situbondo pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BTD) wilayah XI Provinsi Jawa Timur Ahmad Rozikin, Rabu (27/3/2024).

Dia menjelaskan, pembatasan muatan kendaraan logistik dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas memasuki arus mudik Lebaran sebagai upaya memberikan pelayaanaan khsusus bagi penumpang. Karena, kata dia, sejak Senin (25/3/2024) sudah mulai tampak  masyarakat mudik lebaran lebih awal dari Jangkar ke beberapa kepulauan di Madura.

“Memang tidak terlalu signifikan peningkatan penumpang kapal feri dari Jangkar ke Raas, Kangean, Sepudi dan Kalianget. Tapi sudah mulai ada peningkatan pada H-14 Lebaran 2024 ini,”kata Rozik.

Ia menambahkan, untuk kapal feri rute Jangkar ke Pulau Sapudi sampai dengan hari ini masih diizinkan mengangkut kendaraan logistik kecil (Pikap).

“ke Pulau Sapudi juga dibtasi tapi khsusus kendaraan pikap saja,” paparnya.

Sebanyak 10 unit armada kapal feri rute Situbondo- Lembar dan Situbondo- Madura siap melayani arus mudik lebaran 2024.

Untuk Lintasan Penyeberangan Jangkar  ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep Madura, dilayani tiga kapal laut, yakni KMP Mugiyango Hulalo rute Jangkar- Kalianget- Kangean, KMP Wicitra Dhrama I Rute Jangkar- Sapudi- Kalianget dan KMP Dharma Kartika rute Jangkar – Raas- Kalianget.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lintas Jangkar- Lembar Dilayani 7 Unit Kapal

Sedangkan lintas penyebrangan Jangkar- Lembar ada tujuh unit armada kapal, yakni KMP Trimas Laila, KMP Tunju Partama Kaya 5888, KMP Marisa Nusantara, KMP Dharma Ferry IX, KMP Swarna Cakar, KMP Parna Kaliyani dan KMP Jatra II.

Dari tujuh kapal feri lintasan penyeberangan Jangkar- Lembar itu, KMP Jatra II saat ini dalam proses perbaikan atau sudah dalam proses docking, sedangkan enam unit kapal feri lainnya sudah dinyatakan layak laut dan siap melyani arus mudik Lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.