Sukses

Dian Sastro Beberkan Alasan Masuk Islam, Ternyata Hanya Karena Butuh Jawaban

Dari agama-agama yang diperkenalkan itu, Dian Sastro ingin mendapat jawaban memuaskan atas berbagai pertanyaan yang ada dalam benaknya mengenai kehidupan ini. Dia mengaku mendapat jawaban memuaskan dari agama Islam

Liputan6.com, Surabaya - Dian Sastrowardoyo, artis berparas cantik pemeran Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta ini membagikan kisah dirinya akhirnya mantap memeluk agama Islam. Secara resmi, pertama kali Dian mengucap syahadat di usia 21 tahun.

Kisah mengenai dirinya yang mualaf itu, diceritakan Dian Sastro dalam sebuah video podcast Denny Sumargo yang dikutip, Kamis, 14 Maret 2024. Dia menceritakan bahwa kedua orang tuanya berbeda agama.

Dian Sastro lahir dari ibu yang beragama Katolik, sedangkan sang ayah memeluk agama Buddha. Meski memeluk agama tertentu, kedua orang tuanya justru mengenalkan Dian pada agama lain.

Dari agama-agama yang diperkenalkan itu, Dian ingin mendapat jawaban memuaskan atas berbagai pertanyaan yang ada dalam benaknya mengenai kehidupan ini. Dia mengaku mendapat jawaban memuaskan dari agama Islam

"Jadi gua digedein yang lumayan dengan warna warni," kata Dian.

Dian mengaku suka membaca filsafat sejak duduk di bangku SMA. Dari bacaannya itu, seperti agama yang dianut sang ayah lebih cocok baginya. Dian sempat berpikir untuk mengikuti agama Budha. 

Namun, setelah mempelajari agama itu, Dian merasa belum puas dengan jawaban yang disampaikan. Itu tak membuatnya patah arang mencari jawaban dari agama lain.

"Kata nyokap gua, ya udah pelajari, okeh aku coba pelajari semuanya tapi pertanyaan filsafat gua kok enggak kejawab ya," katanya.

Petualangan Dian dalam mencari jawaban itu belum selesai. Sampai pada titik, dirinya berjanji kepada Tuhan bahwa jika ada agama yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaannya, maka agama itu akan dia pilih.

"Aku bilang kalau aku dapat jawaban, aku mau ke agama itu. Akhirnya aku nyari di Buddha, Hindu, ternyata belum kejawab juga, semua agama gua pelajari, Konghucu juga gua pelajari," kata Dian.

Sampai suatu ketika, Dian diajak oleh tatenya yang muslim, ke sebuah pengajian. Tanpa berpikir panjang, juga tanpa berharap Islam akan menjadi agama yang bakal ia peluk, Dian langsung berangkat.

Di pengajian itu, Dian mendengar ceramah seorang ustadz. Tak disangka, ceramah itu, bagi Dian, sangat menarik, bahkan, pertanyaan-pertanyaan yang selama ini menghantui benaknya terjawab.

"Tiba-tiba dibuka ayat Alquran, dia menjawab dengan sangat filosofi dan sangat logis, yang gua enggak nyangka kejawabnya sama pemuka agama Islam," tuturnya.

Dian Sastro mengaku kepincut dengan jawaban-jawaban yang disampaikan sang ustadz. Dia merasa mendapat jawaban yang tuntas dan merasa nyaman dengan cara penyampaiannya.

"Gua enak banget dengarin penjelasan dia. Karena jarang ketemu pemuka agama yang ngobrolnya nyambung," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Belajar Al Quran

Seperti janji Dian sebelumnya, kalau ada agama yang mampu menjawab pertanyaannya, maka akan memeluk agama tersebut.  Dan, akhirnya pemeran Dasiyah di serial Gadis Kretek ini pun mengucap dua kalimat syahadat.

"Terus kata bapak (ustaz), 'kamu mau enggak shalat lima waktu?', karena sekarang gua tahu buat apa, saya mau deh. Belajar besokannya, gua belajar alfatehah, di umur 21," kenangnya.

Selama proses mengenal agama Islam, Dian mencoba membaca Al Quran. Dia mengaku selalu membaca artinya, di samping juga membaca teks Arabnya. Ini dilakukan agar dirinya mampu menjiwai isi kitab suci itu.

"Setiap gua melafalkan arabnya gua harus menjiwai artinya, (kalau tidak) gua akan sulit menjiwai," tegasnya.

Ibu dua anak ini, mengaku punya cara berpikir falsafi yang sangat mengedepankan nalar dan argumen yang kuat. Namun itu tidak membuatnya ingkar terhadap keberadaan Tuhan. Baginya, kebenaran tunggal adalah Tuhan.

"Gua termasuk orang yang berpikir filsasat yang argumentatif banget membawa gua ke Tuhan. Kita harus punya faith yang intinya kebenaran, kebenaran tunggal itu Tuhan," pungkas Dian Sastro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.