Sukses

Wajah Baru DPRD Jember Sesuai Hasil Pemilu 2024, Gerindra Dapat Kursi Terbanyak

Enam petahana yang tetap duduk di DPRD Jember yakni Alfian Andri Wijaya (Dapil 1), Ahmad Halim (Dapil 2), Siswono (Dapil 4), Ardi Pujo Prabowo (Dapil 5), Hasan Basuki (Dapil 7) dan Suharyatik (Dapil 7).

Liputan6.com, Jember - Berdasarkan hasil Pemilu 2024 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sebanyak 50 persen dari 50 anggota calon legislatif terpilih di DPRD Jember periode 2024-2029 adalah wajah baru sesuai data KPU setempat.

Partai Gerindra mendapatkan kursi terbanyak di DPRD Jember yakni 10 kursi, disusul PKB sebanyak delapan kursi, PDI Perjuangan delapan kursi, Partai Demokrat enam kursi, PKS sebanyak enam kursi, Partai Golkar enam kursi, PPP sebanyak lima kursi, dan PAN hanya mendapatkan satu kursi.

"Alhamdulillah, kami mendapatkan 10 kursi di DPRD Jember untuk periode 2024-2029 dan jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan Pemilu 2019 sebanyak tujuh kursi," kata Ketua DPC Partai Gerindra Jember Ahmad Halim, Selasa (12/3/2024).

Berdasarkan data di KPU Jember, wajah baru anggota legislatif di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 sebanyak tiga orang, Dapil 2 sebanyak lima orang, Dapil 3 sebanyak lima orang, Dapil 4 sebanyak dua orang, Dapil 5 sebanyak tiga orang, Dapil 6 sebanyak empat orang, dan Dapil 7 sebanyak tiga orang, sehingga totalnya 25 orang dari 50 calon legislatif terpilih pada Pemilu 2024.

"Di Partai Gerindra mendapat 10 kursi dan ada empat wajah baru yakni Ahmad Hoirozi (Dapil 1), Hanan Kukuh Ratmono (Dapil 3), Edo Rahmanta Ersu Putra (Dapil 5), dan Achmad Syahri As Sidiqi (Dapil 6)," tuturnya.

Sementara enam petahana yang tetap duduk di DPRD Jember yakni Alfian Andri Wijaya (Dapil 1), Ahmad Halim (Dapil 2), Siswono (Dapil 4), Ardi Pujo Prabowo (Dapil 5), Hasan Basuki (Dapil 7) dan Suharyatik (Dapil 7).PKB dan PDI Perjuangan masing-masing mendapatkan delapan kursi di DPRD Jember dengan rincian wajah baru di PKB sebanyak tiga orang yakni Anggun Tri Utami (Dapil 2), Fuad Akhsan (Dapil 5), dan Robit Wajdi (Dapil 7).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demokrat Tidak Dapat Kursi di DPRD Jember

Untuk PDI Perjuangan, jumlah wajah baru lebih banyak yakni lima orang yakni Widarto dan Wahyu Prayudi Nugroho (Dapil 2), Candra Ary Fianto (Dapil 3), Indi Naidha (Dapil 6), dan Suharto (Dapil 7), sedangkan petahana hanya tiga orang yang bertahan yakni Edi Cahyo P. (Dapil 1), Tabroni (Dapil 4) dan Alfian Yusfi (Dapil 5).

Partai Nasdem, PKS, dan Golkar masing-masing mendapatkan enam kursi, sedangkan PPP mendapatkan lima kursi, dan PAN hanya mendapatkan satu kursi.

Sementara itu, ada tiga partai yang sebelumnya memiliki wakil di DPRD Jember, namun pada Pemilu 2024 tidak mendapatkan kursi yakni Partai Demokrat dan Partai Perindo yang sebelumnya sama-sama memiliki dua kursi, serta Partai Berkarya yang sebelumnya memiliki satu kursi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.