Sukses

KPU Surabaya Ajukan Perpanjangan Rekapitulasi Suara Pemilu

Bagi panitia pemilihan kecamatan (PPK) di belasan kecamatan tersebut bisa segera mengirimkan formulir D hasil ke Kantor KPU Kota Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya siap mengajukan permohonan rekomendasi perpanjangan pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara pemilu kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat hingga Kamis, 7 Maret 2024.

"Kami tuntaskan tanggal 6 Maret kalau tidak bisa, maksimal tanggal 7 Maret," kata Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi di kantor lembaga terkait, Selasa (5/3/2024).

Pelaksanaan pleno rekapitulasi suara telah berjalan sejak 28 Februari 2024 dan seharusnya berakhir pada 5 Maret 2024.

Namun, kata Syamsi, hingga saat ini masih ada 11 kecamatan yang belum mengirimkan formulir D hasil ke KPU Kota Surabaya, yakni Tandes, Tenggilis Mejoyo, Sukolilo, Wonocolo, Kenjeran, Semampir, Tegalsari, Gubeng, Wonokromo, Krembangan dan Sawahan.

"Proses rekapitulasi di kecamatan berjalan sebagaimana yang diatur dalam ketentuan. Kemudian memang terdapat beberapa kejadian, misalnya hitung ulang yang agak membuat lama," ujarnya.

Dia meminta bagi panitia pemilihan kecamatan (PPK) di belasan kecamatan tersebut bisa segera mengirimkan formulir D hasil ke Kantor KPU Kota Surabaya."Hari ini semua kecamatan proses rekapitulasi, mudah-mudahan besok sudah bisa setor semua," kata dia.

Sementara itu, Syamsi menambahkan selama pelaksanaan pleno di tingkat kota tidak ditemui kendala apapun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

20 Kecamatan Laksanakan Rapat Pleno

KPU Surabaya mencatat, hingga hari ini sudah ada 20 kecamatan yang melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kota, yakni Kecamatan Karangpilang, Benowo, Dukuh Pakis, Tambaksari, Genteng, Pakal, Simokerto dan Wiyung.

Kemudian, Kecamatan Gunung Anyar, Sambikerep, Jambangan, Lakarsantri, Rungkut, Bulak, Gayungan, Asemrowo, Mulyorejo, Bubutan, Pabean dan Sukomanunggal.

Sebagaimana diketahui, Pemilu Legislatif telah digelar 14 Februari 2024 yang pesertanya 18 partai politik dan Pemilihan Presiden diikuti tiga pasangan calon, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.