Sukses

50 Tim Pemadam Daerah Ramaikan National Firefighter Skill Competition HUT Damkar di Surabaya

Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Adwil Kemendagri) menggelar serangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -105 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Tingkat Nasional Tahun 2024, yang dipusatkan di Kota Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Adwil Kemendagri) menggelar serangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -105 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Tingkat Nasional Tahun 2024, yang dipusatkan di Kota Surabaya.

Rangkaian HUT Damkar diawali dengan kegiatan National Firefighter Skill Competition (NFSC) yang diikuti oleh 50 Tim dari 50 Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 45 tim dari 36 daerah.

Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Adwil Amran menyampaikan, profesionalitas aparatur pemadam kebakaran menjadi kunci dalam melaksanakan tugas. Kegiatan NFSC juga harus dipandang tidak hanya sebuah kompetisi semata, tetapi sebagai sarana meningkatkan keterampilan.

"Kegiatan NFSC ini jangan hanya dipandang sebagai kompetisi untuk mencari pemenang saja, tetapi harus dilihat lebih jauh sebagai sarana meningkatkan keterampilan menuju profesionalitas aparatur damkar." terang Amran.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap antusiasme pemerintah daerah dalam menyukseskan NFSC 2024.

Amran berpesan kepada seluruh pemerintah daerah untuk memperhatikan petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan mulai dari keterampilannya hingga pemenuhan sarpras pendukung.

"Saya menitipkan pesan kepada seluruh jajaran pemerintah daerah untuk memperhatikan petugas damkar kita yang bekerja dengan risiko tinggi. Kita perhatikan bersama keterampilannya melalui diklat, dan juga bagaimana ketersediaan sarpras untuk mendukung pelayanan tugas di lapangan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beragam Kegiatan

Kegiatan NFSC ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti pertunjukan keterampilan pemadam kebakaran dari Dinas Damkar Kota Surabaya dan juga atraksi vertical rescue dari Dinas Damkar Provinsi DKI.

Selain itu, dilaksanakan juga kegiatan pameran alat-alat pemadam kebakaran dengan menghadirkan beberapa produsen alat keselamatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.