Sukses

Turis Polandia Meninggal saat Mendaki Kawah Ijen Banyuwangi, Diduga Karena Kelelahan

Seorang warga negara asing (WNA) asal Polandia meninggal dunia saat mendaki di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen Banyuwangi. WNA berinisial KAS (53) yang bekerja sebagai pimpinan agen travel di Bali tersebut, meninggal dunia di TWA Kawah Ijen, pada Kamis (15/2/2024).

Liputan6.com, Banyuwangi Seorang turis asing asal Polandia, KAS (53), meninggal dunia saat mendaki di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen Banyuwangi. Dia diketahui bekerja sebagai pimpinan agen travel di Bali.

Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah V Banyuwangi Dwi Putro Sugiarto membenarkan adanya wisatawan asing yang meninggal dunia.

"Jadi korban ini berkunjung ke TWA Ijen bersama tiga orang," kata Dwi, Jumat (16/2/2024). 

Dwi mengatakan, KAS bersama sopirnya membawa dua tamu warga asing. Mereka juga tiba di Paltuding dan berencana melakukan pendakian ke TWA Kawah Ijen.

"Korban dan para rombongan mulai mendaki Ijen sekitar pukul 11.30 WIB," ujar Dwi.

Menurut Dwi, informasi awal terkait WNA yang meninggal dunia diketahui sekitar pukul 14.13 WIB, dari wisatawan lain.

"Informasi dari masyarakat wisatawan itu tergeletak di jalur pendakian antara Pondok Bunder dengan puncak kawah Ijen," ungkap Dwi.

Kuat dugaan, korban KAS sudah lebih dulu meninggal dunia sebelum ditemukan pertama kali oleh warga.

Setelah mendapat kabar tersebut, petugas RKW 18 langsung menuju ke lokasi. Korban kemudian dievakuasi ke Puskesmas Licin.

"Bersama aparat kepolisian, selanjutnya korban dirujuk ke RSUD Blambangan," terang Dwi.

Belum diketahui pasti apa penyebab kematian korban. Dugaannya, korban meninggal dunia akibat kelelahan dan riwayat penyakit.

"Saat ini, jenazah korban sudah dijemput oleh keluarganya untuk dibawa menuju ke Bali," tandas Dwi Putro Sugiarto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini