Sukses

Polisi Bakal Tilang Pengendara Konvoi Knalpot Brong di Malam Tahun Baru di Surabaya

Polrestabes Surabaya menyiapkan penyekatan di 12 lokasi perbatasan demi mencegah kemacetan pada malam Tahun Baru 2024.

Liputan6.com, Surabaya - Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman menegaskan, pihaknya akan melakukan penindakan tilang bagi pengendara sepeda motor yang melakukan konvoi, khususnya menggunakan knalpot brong.

"Dua penekanan penting yang perlu saya sampaikan, pertama terkait knalpot brong, tetap nanti kami lakukan tindakan tegas berupa penyitaan dan penilangan apabila malam tahun baru masih ada suara-suara keras membuat bising. Kemudian akan kita lakukan penyekatan-penyekatan," tuturnya, Sabtu (31/12/2023).

Sebanyak 1.322 personel gabungan dari Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Pemerintah Kota Surabaya disiagakan untuk pengamanan malam pergantian tahun. 

"Sesuai arahan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Pasma Royce,  demi menjaga situasi kondusif, masyarakat diimbau merayakan malam Tahun Baru bersama keluarga di rumah atau di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing," ucap AKBP Arif Fazlurrahman.

Polrestabes Surabaya menyiapkan penyekatan di 12 lokasi perbatasan demi mencegah kemacetan pada malam Tahun Baru 2024

"Penyekatan disiagakan mulai pukul 17.00 WIB, 31 Desember 2023," kata Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman, Sabtu (31/12/2023).  

Di batas Kota Surabaya dengan Kabupaten Sidoarjo, penyekatan dilakukan di Bundaran Waru. Selain itu di kawasan Berbek Industri Jalan Raya Rungkut, Giant Pondok Candra, Karang Pilang, dan MERR Gununganyar Jalan Ir Soekarno. 

Di batas Kota Surabaya dengan Kabupaten Gresik, penyekatan dilakukan di Jalan Lakarsantri - Menganti, Romokalisari dan Menganti - Benowo. 

Di batas Kota Surabaya dengan Kabupaten Bangkalan, penyekatan dilakukan di Simpang Tiga Indrapura -  Rajawali, Jembatan Merah Plaza, Simpang Empat Dupak - Demak dan Simpang Empat Kedung Cowek.

Selain itu, di berbagai ruas jalan kawasan tengah kota Surabaya, yang biasanya menjadi tempat berkumpul masyarakat, polisi juga telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemasangan Body Cam

Sebelumnya, dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2023 dan Pam Pilpres 2024, Polrestabes Surabaya menerima 50 Unit Body Cam yang diserahkan langsung oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, di Lapangan A Polrestabes Surabaya, Rabu (20/12/2023).

Body kamera yang merupakan hibah dari PT. MPU (Mega Pratama Unggul) dan Spintech, dengan total kamera sebanyak 50 Unit dengan total nilai rupiahnya adalah 1,3 miliar.

“Harapan kita dengan adanya launching body kamera ini akan bermanfaat untuk petugas di lapangan,” kata Irjen Pol Imam Sugianto, Rabu (20/12/2023). 

Kapolda Jatim menambahkan, pertama alat ini sangat bermanfaat merekam real time dimana posisi anggota itu berada terhadap situasi lapangan yang sedang dihadapi.

“Dengan bodycam ini pula anggota tidak bisa mangkir dari pelaksanaan tugasnya di lapangan, itu betul-betul terekam dalam kamera bodycam ini yang kemudian dikoneksikan dengan command center yang ada di Polrestabes Surabaya,”ujar Kapolda Jatim.

Kapolda Jatim juga mengatakan nantinya bodycamp akan berkembang kepada petugas-petugas lain seperti Reserse, Satlantas dan fungsi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.