Sukses

Cegah Bau Sampah di Stadion GBT Saat Piala Dunia U-17 Berlangsung, Pemkot Ubah Operasional TPA Benowo

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebis Djuniantoro menyatakan, jam operasional Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo akan dialihkan saat agenda Piala Dunia U-17 bergulir mulai 10 November 2023.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebis Djuniantoro menyatakan, jam operasional Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo akan dialihkan saat agenda Piala Dunia U-17 bergulir mulai 10 November 2023.

Hal ini dilakukan untuk mencegah serangan aroma sampah saat ajang kejuaraan bergensi tersebut digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

"Dialihkan ke malam setiap ada pertandingan kami ganti jam untuk antisipasi bau tersebut," kata Hebi, Selasa (17/10/2023), dikutip dari Antara.

DLH juga terus melakukan pengecekan kondisi geo membran yang terpasang di TPS Benowo karena tidak boleh dalam kondisi terlepas atau terkelupas.

Selain itu, petugas di sana juga rutin melaksanakan aktivitas penyemprotan cairan di tempat pembuangan akhir di ujung Surabaya Barat guna meredam kemungkinan munculnya bau sampah selama pertandingan berjalan.

Semua langkah yang dilakukan tak jauh beda ketika Stadion GBT digunakan sebagai menggelar laga Grup F babak kualifikasi Piala Asia U-20 pada tahun 2022 hingga persiapan pelaksanaan Piala Dunia U-20.

"Kemarin ada angin besar beberapa juga harus dibenahi karena anginnya banter (kencang). Kami tetap semprot setiap hari, meskipun tutup tetap disemprot," ucapnya.

DLH Kota Surabaya juga menggencarkan upaya penanaman pohon di sejumlah titik kawasan Stadion GBT, yakni mulai pintu keluar Tol Romokalisari hingga pintu masuk stadion.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan tim dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengecek persiapan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya untuk pembukaan Piala Dunia U-17.

"Tadi mereka mengecek lapangan, SOP masuk lapangan, mengecek press room dan media center serta beberapa tempat lainnya, termasuk fasilitas parkir yang sedang kami siapkan itu," kata  Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati, Jumat (29/9/2023).

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi Pertandingan Grup A

Dia bersama timnya memastikan akan melakukan penyempurnaan di Stadion GBT itu. Beberapa fasilitas yang akan disempurnakan nantinya adalah fasilitas di dressing room, akses wasit akan ditambahkan, pembuatan tangga-tangga kecil di depan gate, penambahan CCTV, dan ada pula sedikit renovasi di media tribun.

Setelah kedatangan Dirjen Kementerian PUPR beserta jajarannya, GBT juga kedatangan tim akreditasi dari Panitia lokal atau LOC Piala Dunia U-17 2023. Mereka mengecek sejumlah fasilitas GBT yang akan digunakan untuk piala dunia.

Sebagaimana diketahui, Stadion GBT menjadi lokasi pertandingan Grup A Piala Dunia U-17 yang diisi tuan rumah Tim Nasional Indonesia, Panama, Ekuador, dan Maroko, dengan begitu pembukaan Piala Dunia U-17 juga dilaksanakan di stadion yang bertempat di wilayah Surabaya Barat, pada 10 November 2023.

Kemudian, Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama sudah ditetapkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir memimpin upacara pembukaan kejuaraan dunia kelompok usia, di Stadion GBT Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.