Sukses

Sosok Cawapres Prabowo Disebut Sudah Mengerucut Pada Dua Nama, Khofifah Termasuk?

Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri Muhammad Abdurrahman Kautsar atau Gus Kautsar menyatakan, Prabowo sudah mengerucutkan nama bakal cawapresnya menjadi dua orang pilihan.

Liputan6.com, Surabaya - Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri Muhammad Abdurrahman Kautsar atau Gus Kautsar menyatakan, Prabowo  Subianto sudah mengerucutkan nama bakal cawapresnya menjadi dua orang pilihan.

"Cuma beliau (Prabowo) mengatakan mengerucut tinggal dua nama sepertinya," kata Gus Kautsar, Kamis 28 September 2023.

Kendati demikian, Gus Kautsar menyebut Prabowo tidak menyebut siapa dua sosok yang dimaksud tersebut.

"Tetapi beliau tidak menyebut namanya secara spesifik," ujarnya.

Soal kabar santernya kabar Nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang masuk radar bakal calon wakil presiden bagi Prabowo, Gus Kautsar menyebut tidak ada bahasan soal hal itu.

"Tidak ada tadi, masyayikh menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Prabowo," katanya.

Lebih lanjut, pada pertemuan itu para masyayikh yang hadir hanya menanyakan maksud dan tujuan Prabowo ikut ambil bagian dalam forum tersebut, tanpa ada pertanyaan soal bakal cawapres yang dimaksud oleh Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

"Masyayikh sendiri juga tidak bertanya, mungkin karena itu. Karena masyayikh bertanya sebetulnya niatan bapak apa terus tujuannya apa begitu," ucapnya.

"Beliau (Prabowo) menyampaikan sesuai dengan yang selalu beliau sampaikan bahwa mencoba meneruskan menyempurnakan, memperbaiki apa yang sudah diperjuangkan Bapak Jokowi, kira-kira begitu," lanjutnya.

Gus Kautsar menambahkan pada acara tersebut Prabowo Subianto juga meminta doa dan restu dari para ulama yang hadir.

"Didoakan dan dipangestoni (direstui) oleh para masyayikh," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lobi Lobi Cawapres

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke Jawa Timur (Jatim) pada 27-28 September 2023.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo dan rombongan Gerindra bertemu dengan tokoh-tokoh di Jatim. Dia mengakui akan ada lobi-lobi soal cawapres.

"Kami berencana akan bertemu dengan tokoh-tokoh Jawa Timur. Rencananya besok pagi," ucapnya.

"Ada dong (lobi-lobi soal cawapres)," imbuh Muzani.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, bisa saja sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berasal dari nama-nama yang belum pernah dimunculkan ke publik selama ini.

Menurutnya, akan ada pertemuan ketua umum (ketum) partai pengusung Prabowo di Koalisi Indonesia Maju.

Dasco mengatakan, para ketua umum partai akan menggodok nama bakal cawapres Prabowo.

"Gini, itu kan pertemuan ketum-ketum partai ini akan dilaksanakan. Nah, tentunya nama-nama itu akan digodok di situ. Ya mungkin ada yang keluar di publik atau bahkan ada yang enggak, kan gitu. Nanti kita tunggu saja," kata Dasco saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/9).

Dasco menjelaskan, saat ini cawapres Prabowo masih bersifat cair. Sebab, pendaftaran bakal capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan dibuka pada 19 Oktober 2023.

Dia mengatakan, jajaran-jajaran partai hanya bisa bersabar menunggu para ketua umum berdiskusi.

"Para ketum nanti akan rundingkan soal cawapres. Kita sabar saja nunggu," kata Dasco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.