Sukses

Erina Gudono Beber Alasan Kompak Berkostum Kawasaran Saat HUT RI di Istana: Penghormatan Kami pada Ksatria Bangsa

Erina Gudono bersama suaminya, Kaesang Pangarep tampil esentrik saat upacara 17 Agustus di Istana Merdeka. Keduanya kompak mengenakan baju adat kawasaran dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Erina Gudono bersama suaminya, Kaesang Pangarep tampil esentrik saat upacara 17 Agustus di Istana Merdeka. Keduanya kompak mengenakan  baju adat kawasaran dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Erina menyatakan kompak mengenakan kostum tersebut untuk membangkitkan semangat anak muda dalam memajukan bangsa. 

"Kami memakai baju kawasaran sebagai lambang penghormatan kami kepada para WARANEY (ksatria) bangsa yang telah berjuang melawan penjajah. Kami nyalakan jiwa muda ksatria WARANEY untuk melanjutkan perjuangan memajukan bangsa," ujar Erina di akun Instagram miliknya, dikutip Jumat (18/8/2023). 

Erina menjelaskan, Kawasaran adalah tradisi leluhur Suku Minahasa Sulawesi Utara dan merupakan tarian Ksatria Minahasa yang disebut Waraney.

Mulanya kawasaran dilakukan untuk menjalankan ritual Mahsasau. Kawasaran 'kawak' yang berarti melindungi dan 'asaran' yang berarti sama atau berlaku seperti artinya. 

"Kawasaran menjadi sama seperti leluhur di masa lalu, menjadi pelindung tanah, pelindung negeri, pelindung kehidupan," sambungnya.

Bagian dasar baju adalah kayu alam yang diikat dengan kain tenun pampele dan dipadu-padankan dengan kain tenun kaiwu patola. Tata busana dan aksesoris dibuat mengacu pada sustainable fashion dan tidak menggunakan materi hewan asli.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kostum Terbaik

Penampilan kostum esentrik Erina Gudono dan Kaesang berhasil menjadi masuk lima terbaik peserta dengan kostum adat yang menarik perhatian di Istana Merdeka.  

Sedangkan pemenang lainnya adalah Raja Amarasi dengan pakaian adat NTT, Greti dengan pakaian adat dari Bengkulu, serta Kohar dengan baju adat Banyuwangi dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Ketika nama Kaesang diumumkan, sontak Erina Gudono yang berada di sampingnya langsung menepuk pundak suaminya itu sambil tertawa bersama. Wajah Sri Mulyani juga semringah saat namanya disebut.

Menkeu mengenakan pakaian Adat Soe dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Tatanan sanggul dan hiasan kepala yang dipakainya juga terlihat istimewa. Saat maju sebagai pemenang, ia pun tampak menyalami pemenang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.