Sukses

Atma Jaya Salurkan Beasiswa Total Rp 30 Miliar untuk Ribuan Mahasiswa, Termasuk Program KIP-K

Universitas Katolik Indonesia(Unika) Atma Jaya menyalurkan beasiswa kepada 2.560 mahasiswa pada 2022. Dari keseluruhan penerimabeasiswa tersebut, ada sebagian mahasiswa yang mendapatkan beasiswa melalui program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Katolik Indonesia(Unika) Atma Jaya menyalurkan beasiswa kepada 2.560 mahasiswa pada 2022. Dari keseluruhan penerima beasiswa tersebut, ada sebagian mahasiswa yang mendapatkan beasiswa melalui program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Program beasiswa ini merupakan bentuk kolaborasi dan dukungan universitas terhadap program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Kerja Sama Yohanes Eko Adi Prasetyanto mengatakan, program beasiswa KIP-K juga menjadi jalur yang diminati calon mahasiswa baru untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di Unika Atma Jaya, terbukti dengan total jumlah yang mendaftar sebanyak 446 siswa.

“Di 2022, terdapat 59 mahasiswa yang studi di Unika Atma Jaya melalui program beasiswa KIP-K ini, terdiri dari 42 penerima on going dan 17 penerima baru. Sedangkan di 2023, 9 di antara mahasiswa penerima on going sudah menyelesaikan studinya dan dengan adanya penambahan 27 mahasiswa baru penerima program beasiswa tersebut maka total penerima beasiswa menjadi 77 mahasiswa,” ungkap Yohanes Eko.

Kesempatan studi melalui program beasiswa KIP-K di 2022 meliputi Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Administrasi Bisnis, IlmuKomunikasi, Pariwisata, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Katolik,Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Teknik Industri, Sistem Informasi, Ilmu Hukum, Bioteknologi, dan Teknologi Pangan.

Dedangkan di 2023 ini bertambah program studi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Farmasi, Psikologi, danKedokteran.

“Dukungan Unika Atma Jaya untuk program ini di tahun 2022 sebesar 1,5 M atau66,26% dari total biaya yang dibutuhkan. Bahkan di 2023, meningkat sebesar193,3% menjadi 2,9 M dan memberikan kontribusi sebesar 67,2% dari total kebutuhan dana beasiswa. Total dukungan yang diberikan dalam program beasiswa KIP-K tersebut merupakan bagian dari komitmen alokasi beasiswa universitas sebesar Rp 30 miliar tahun ini,” tambah Eko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beasiswa KIP-K Selaras dengan Semangat Pendiri Atma Jaya

Mahasiswa baru yang menerima beasiswa melalui program KIP-K juga telah melalui tahap seleksi untuk memastikan beasiswa KIP-K yang diberikan tepat sasaran.

“Kami membuka peluang seluas-luasnya bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan studi di Unika Atma Jaya melalui program beasiswa, termasuk KIP-K,” pungkas Yohanes Eko Adi Prasetyanto.

Pemberian beasiswa ini, khususnya KIP-K, selaras dengan semangat pendiri Atma Jaya, Frans Seda, agar generasi muda yang berakademis baik tetapi terkendalasecara finansial tetap dapat melanjutkan pendidikan tinggi berkualitas di Unika Atma Jaya dan meraih cita-citanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.