Sukses

Unesa Tambah 6 Guru Besar Baru, Ada Pakar Lingkungan hingga Olahraga

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengukuhkan enam guru besar (gubes) berbagai bidang ilmu. Dengan penambahan ini, Unesa total memiliki 93 profesor.

Liputan6.com, Jakarta Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengukuhkan enam guru besar (gubes) berbagai bidang ilmu. Dengan penambahan ini, Unesa total memiliki 93 profesor.

Rektor Unesa Nurhasan atau yang akrab disapa Cak Hasan mengatakan, penambahan guru besar ini merupakan bagian dari komitmennya untuk meningkatkan kualitas SDM dan kualitas pelaksanaan tridarma perguruan tinggi di kampus ‘Rumah Para Juara’ yang sudah PTN-BH.

“Kita hidup di era yang menuntut adaptabilitas tinggi. Kunci adaptasi ini yaitu akselerasi, inovasi dan kreativitas di lingkungan kampus. Kita harap, gubes ini menjadi produser iptek, meningkatkan riset dan publikasi ilmiah yang terekognisi internasional," ucapnya di Auditorium, Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya, Selasa (25/7/2023).

Cak Hasan mendapat informasi, ada beberapa perguruan tinggi top dunia yang melebarkan sayapnya dengan membuka prodi magister dan doktor di Indonesia. Ini tantangan sekaligus peluang bagi UNESA untuk terus meningkatkan kualitas SDM, pendidikan dan kualitas lulusan agar bisa setara dengan perguruan tinggi top dunia.

Pihaknya bakal berkolaborasi dengan mereka memperkuat kultur akademik dan riset. Salah satu kampus yang mau buka prodi di Surabaya seperti Western University misalnya sudah membahas kerja sama dengan Unesa.

"Kami siapkan SDM dari berbagai sisi agar tercipta sinergi yang produktif dan berkelanjutan. Kekuatan apa yang bisa dikolaborasikan dengan mereka itu yang dipetakan. Dengan gubes ini tentu ini bisa menjadi penguatan buat Unesa ke arah kolaborasi internasional," ucapnya.

Cak Hasan menargetkan, Unesa bisa menghasilkan sekitar 12 sampai 18 guru besar tiap tahunnya. Mendukung target ini, pihaknya sudah memiliki program percepatan guru besar yang gencar dilakukan beberapa tahun belakangan ini.

"Kami ada program pendanaan khusus untuk mendorong para doktor agar bisa meningkatkan kualitas dan kuantitasnya (kredit), didorong untuk mengajukan guru besar serta memberikan pendampingan khusus agar sesuai persyaratan teknis maupun akademik dan cepat meraih jabatan guru besar," bebernya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Nama Guru Besar

1. Prof. Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd., Guru Besar Ilmu Konseling

2. Prof. Dr. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D., Guru Besar Ilmu Pendidikan IPS.

3. Prof. Dr. Ketut Prasetyo, M.S., Guru Besar Ilmu Pendidikan Lingkungan

4. Prof. Drs. Suroto, M.A., Ph.D., Guru Besar Ilmu Pendidikan Jasmani.

5. Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes., Guru Besar Ilmu Kepelatihan Olahraga

6. Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd., Guru Besar Ilmu Manajemen dan Organisasi BK.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.