Sukses

Sapi Limosin Kurban Jokowi Disambut Karpet Merah saat Tiba di Masjid Al Akbar Surabaya, Harganya Rp 115 Juta

Masjid Al Akbar Surabaya menerima hewan kurban dari Presiden Jokowi berupa sapi jenis limosin dengan berat 1,15 ton. Sapi ini di dibeli dari peternak Lumajang seharga Rp 115 juta.

Liputan6.com, Surabaya - Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) menerima hewan kurban dari Presiden Jokowi berupa sapi jenis limosin dengan berat 1,15 ton. Sapi ini di dibeli dari peternak Lumajang seharga Rp 115 juta.

Kedatangan sapi Jokowi disambut khusus dengan karpet merah dan dipandu langsung sejumlah petugas dari pihak masjid Al Akbar.  

Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor mengaku, pihaknya ingin memberikan penghormatan kepada Presiden Jokowi yang selalu istikamah dalam kondisi apapun tetap berkurban sapi di masjid Al Akbar.

"Jadi sapi yang masuk kita berikan karpet merah sebagai bentuk penghormatan, apresiasi terhadap tamu," ujar Helmy di MAS, Rabu (28/6/2023).

Helmy mengungkapkan, kalau sapi datang disambut dengan riang gembira, dengan penuh keceriaan, maka sapi tersebut akan gembira. Maka ketika masuk Masjid Al Akbar tidak stres.

"Itu penting, karena kalau sapinya stres maka akan berdampak pada kwalitas daging. Tapi kalau sapinya gembira, sapinya senang, insyaallah daging yang dirasakan juga enak," ucapnya.

Sapi milik Presiden Jokowi ini dibeli dari peternak bernama Bahrowi Yahya (32), warga Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko. Sapi limosin tersebut diberi nama Gesbi berusia 3 tahun 8 bulan. Gesbi memiliki panjang 190 cm dengan tinggi badan 159 cm dan lingkar dada 250 cm.

Gesbi menjadi sapi kurban yang dipilih Presiden Jokowi melalui Sekretariat Presiden setelah menjalani seleksi ketat dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

"Alhamdulillah ini adalah kurban yang ke sembilan kali Presiden Jokowi memberikan kepercayaan kepada Masjid Al Akbar Surabaya," ucap Helmy.

Rencananya, lanjut Helmy, sapi milik Presiden Jokowi akan disembelih H+1, tepatnya hari Jumat 30 Juni mendatang.

"Penyembelihan akan dilakukan bersamaan dengan sapi milik Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan juga Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kali Kesembilan Jokowi Kurban di Masjid Al Akbar

Bagi Presiden Jokowi, kata Helmy, kurban di Masjid Al Akbar ini adalah yang kesembilan kalinya selama menjabat sebagai Presiden RI dua periode.

"Terima kasih presiden, ini adalah yang ke sembilan. Jadi istikamah setiap tahun Presiden Jokowi kurban di Masjid Al Akbar Surabaya. Sapinya sehat, badannya kekar. Mudah-mudahan berkah," ucapnya.

Helmy menegaskan, sebelum dilakukan penyembelihan hewan kurban, Masjid Al Akbar Surabaya, menerapkan screening ketat untuk kesehatan hewan. Mulai dari pemeriksaan kesehatan saat datang hingga saat penyembelihan dilakukan.

"Alhamdulillah, bersama dengan tim Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, semua hewan yang masuk Masjid Al Akbar Surabaya telah melalui pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

"Termasuk pada saat penyembelihan hewan kurban pada hari Jumat, juga akan dikawal. Baik dari teman-teman Fakultas Kedokteran Unair dan juga tim dari Dinas Peternakan akan terus memantau," pungkas Helmy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.