Sukses

Jelang Arus Mudik Lebaran, KAI Daop 9 Jember Pastikan Perlintasan Kereta Api Aman

Menjelang masa angkutan Lebaran 2023 PT Kereta Api Indonesia Daop 9 Jember melakukan pengecekan lintasan Kereta Api yang dilakukan mulai dari Bangil sampai Ketapang.

Liputan6.com, Jember - PT KAI Daop 9 Jember melakukan pengecekan lintasan Kereta Api menjelang masa angkutan Lebaran 2023. Pengecekan dilakukan mulai dari Bangil Pasuruan hingga Ketapang Banyuwangi.

Pengecekan  tersebut dilakukan secara bertahap, dimulai dari lintas Jember - Ketapang yang dilaksanakan pada pada Senin – Selasa, 21-22 Maret 2023 dan lintas Jember – Bangil pada Selasa dan Kamis 30 Maret 2023.

Plt Manager Hukum dan Humas Azhar Zaki Assjari mengatakan, pemeriksaan lintas ini bertujuan memastikan kesiapan jajaran Daop 9 dari berbagai aspek, mulai dari sarana, prasarana hingga para personel di lapangan untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada penumpang.

“Pastikan jalur yang akan dilewati Kereta Api sudah dalam kondisi yang aman, baik kondisi rel, jembatan, terowongan, perlintasan sebidang serta fasilitas pelayanan penumpang sudah tersedia dan berfungsi dengan baik ,” terang Zaki, Sabtu (1/4/2023).

Zaki menjelaskan, diantara yang juga diperiksa adalah daerah rawan, baik rawan banjir, rawan longsor, rawan gangguan keamanan, maupun rawan terjadinya kecelakaan yang melibatkan kereta api dengan pengguna jalan di perlintasan sebidang.

“Bukan hanya sekedar pemeriksaan, tetapi kemudian dari hasil pemeriksaan lintas yang dilakukan ini akan diambil langkah antisipasi dan ditentukan strategi untuk menjamin perjalanan kereta api di Daop 9 jember selalu aman, lancar dan terkendali,” terang Zaki.

Menurut Zaki, semua upaya yang dilakukan ini adalah sebagai bentuk komitmen KAI Daop 9 Jember untuk menyelenggarakan angkutan lebaran 2023 dengan selamat, sehat, aman dan nyaman baik pada  saat arus mudik maupun balik.

“Ini semua untuk kenyamanan dan keamanan penumpang pada saat pelaksanaan  arus  mudik dan Balik Lebaran tahun ini,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjualan Tiket Mudik Lebaran Capai 66 Persen

Sementara itu untuk penjualan tiket kereta api untuk angkutan mudik Lebaran 2023  di daerahnya hingga akhir Maret ini sudah mencapai 66 persen atau sekitar 110.800 tiket dari 18 perjalanan kereta api.

“PT KAI Daop 9 Jember sendiri telah menyediakan 168.960 tempat duduk atau dalam sehari mencapai 7.680 tempat duduk selama masa angkutan Lemabaran. Jumlah itu tersedia dalam 18 perjalanan Kereta api selama angkutan Lebaran,” tambah Zaki.

Kata dia, penjuaalan tiket sudah 100 persen untuk tanggal favorit pada H-3 sampai H-1 Lebaran atau 19-21 April 2023 karena adanya naik turun penumpang dan untuk H-7 sampai H-4 Lebaran atau 15-18 April masih tersisa tempat duduk sekitar 40 persen.

“Sedangkan tiket Kereta Api Lebaran untuk arus balik pada 24 April 2023 masih tersisa 11 persen tempat duduk, kemudian pada 25 sampai 26 April 2023 tiket terjal 100 persen. Untuk di hari- hari lainya penjualan tiket sudah rata- rata di atas 62 persen,” paparnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.