Sukses

Safari Ramadan Khofifah di Gresik, Belajar Mengenal Sosok Pemimpin Wali Sedunia

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan safari Ramadan dengan tarawih berjamaah di masjik Jami Gresik serta berziarah ke makam Habib Abu Bakar Bin Muhammad Umar Assegaf dan Habib Alwi Bin Muhammad Hasyim Assegaf.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan safari Ramadan dengan tarawih berjamaah di masjik Jami Gresik serta berziarah ke makam Habib Abu Bakar Bin Muhammad Umar Assegaf dan Habib Alwi Bin Muhammad Hasyim Assegaf.

Khofifah mengatakan, kehidupan Habib Abu Bakar Assegaf memiliki keteladanan yang luar biasa. Di antaranya tentang kesalehan, keilmuan dan kesederhanaan Habib Abu Bakar Assegaf.

"Selain sederhana, beliau orang yang salih dan alim dikenal memiliki karomah dari Allah," ujarnya, Kamis (30/3/2023).

Menurut Khofifah, dari berbagai referensi semasa hidup Habib Abu Bakar Assegaf merupakan pemimpin wali sedunia. Sehingga, Habib Abu Bakar mendapat julukan Al Qutb atau pimpinan para wali.

Kedalaman dan kejernihan hati yang dimilikinya telah melahirkan pelajaran hidup yang sangat besar dan bermanfaat bagi manusia. Khususnya, kesederhanaan dan menolong sesama yang benar-benar membutuhkan.

Untuk mengenang perjuangannya sebagai seorang ulama, di Gresik terdapat tradisi haul setiap tahun yang bertepatan pada tanggal 17 Dzulhijjah. Pusat acara difokuskan di kediamannya Jalan KH. Zubair dan Masjid Jami’ Gresik depan alun-alun.

"Acara ini selalu menjadi magnet bagi ribuan peziarah yang datang dari banyak penjuru negeri khususnya masyarakat Jawa Timur maupun para tokoh-tokoh politik," ucap Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.