Sukses

Program YOU-BLAST Antarkan 50 Pemuda Surabaya dan Sidoarjo Raup Omzet Rp 3,23 Miliar

Sebanyak 50 pemuda dari Surabaya dan Sidoarjo berhasil mengembangkan usaha hingga menghasilkan omzet Rp 3,23 miliar, serta menciptakan kesempatan kerja bagi 142 orang selama kurun waktu tujuh bulan.

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 50 pemuda dari Surabaya dan Sidoarjo berhasil mengembangkan usaha hingga menghasilkan omzet Rp 3,23 miliar, serta menciptakan kesempatan kerja bagi 142 orang selama kurun waktu tujuh bulan.

Selama tujuh bulan tersebut, 50 pemuda atau pengusaha muda dari Surabaya dan Sidoarjo ini mengikuti Program YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST) yang diselenggarakan Citibank NA, Indonesia (Citi Indonesia) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI), dengan dukungan Citi Foundation.

"Program YOU-BLAST merupakan program pelatihan dan pendampingan kewirausahaan bagi pengusaha muda berusia 18-28 tahun yang digagas oleh PrestasiJunior Indonesia bersama Citi Indonesia serta didukung oleh Citi Foundation," ujar Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari di Surabaya, Rabu (15/3/2023).

Program ini, lanjut Puni, diinisiasi untuk membekali generasi muda yang sedang merintis usaha dengan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan yang dibutuhkan dalam pengelolaan dan pengembangan bisnis.

"Pada implementasinya yang perdana, program ini akan memberikan kesempatan bagi pengusaha muda di wilayah Bandung Raya dan Sidoarjo,” ucapnya.

Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner menambahkan, program ini merupakan pengembangan dari program USAID-JAPRI (JAdi Pengusaha mandiRI) yang telah sukses dilaksanakan di Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Blitar.

Kemudian Kabupaten Sampang, dan Kabupaten Pacitan, di bawah koordinasi Bappeda Jawa Timur di tahun 2017-2020, serta program Youth Entrepreneurship Education (YEE) yang saat ini sedang diimplementasikan di Kota dan Jayapura.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengusaha Mandiri

“Setelah lulus, para peserta YOU-BLAST akan dilepaskan untuk menjadi pengusaha mandiri setelah tujuh bulan masuk dalam program incubasi. Saatnya mereka menjadi pengusaha tangguh dengan bekal ilmu yang sudah didapatkan,” ujarnya.

Robert Gardiner menjelaskan harapan dari peserta YOU-BLAST mampu mandiri dan berkontribusi menciptakan lapangan kerja di lingkungan sekitarnya.

“Pelaksanaan YOU-BLAST kali sangat bagus dengan omset yang bagus. Kita berusaha membentuk ekosistim diantara peserta YOU-BLAST sehingga terjalin sinergi menguntungkan untuk menjadi pengusaha tangguh dan sukses,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.