Sukses

1 Abad NU dan Kisah Historis Surabaya dan Nahdlatul Ulama yang Tak Terpisahkan

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan, 1 abad NU artinya adalah seratus tahun penuh pengabdian. Dan satu abad NU adalah seratus tahun memberikan yang terbaik bagi Republik Indonesia.

“Surabaya memiliki ikatan historis yang kuat dengan Nahdlatul Ulama. NU dan Surabaya, Surabaya dan NU, adalah hal yang tak terpisahkan,” kata Wali Kota Eri, Selasa (7/2/2023).

Menurutnya, para muassis NU di bawah kepemimpinan KH Hasyim Asyari mendirikan jamiyah ini pada 16 Rajab 1344 Hijriyah atau 31 Januari 1926 di Surabaya. Pada 22 Oktober 1945, terjadi peristiwa bersejarah kala “Resolusi Jihad” dicetuskan Hadrastussyaikh KH Hasyim Asy’ari di Surabaya.

“Resolusi Jihad itulah yang kemudian membakar semangat perlawanan rakyat dalam melawan penjajah,” katanya.

Di setiap fase perjalanan sejarah bangsa ini, tidak pernah sekali pun NU luput dalam berkontribusi, sejak era pergolakan fisik merebut kemerdekaan hingga menghadapi pandemi Covid-19 yang kini sudah terkendali,

“Mari bersama-sama ke depan kita menjaga dan menyebarkan nilai-nilai khas NU yang akan selalu relevan sampai kapan pun, yaitu Tawassuth (di tengah-tengah, tidak ekstrim kiri ataupun ekstrim kanan); Tawazun (seimbang dalam segala hal); Tasamuh (toleran dan menghargai perbedaan),” katanya.

“Bersama-sama pula kita terus bekerja memberdayakan umat, membawa umat ke pintu gerbang kesejahteraan, mewujudkan negeri yang Baldatun Toyyibatun Warrobun Ghofur,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Eri juga mengajak bersama-sama mengucap doa, semoga Nahdlatul Ulama semakin berjaya, semakin bisa menjadi jamiyah yang menjadi rumah teduh bukan hanya bagi jamaahnya, tetapi juga rumah bagi siapa pun yang mendamba kebersamaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Selamat 1 abad NU. Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berangkatkan Ribuan Jemaah

Eri Cahyadi memberangkatkan 7 ribu lebih jamaah ke acara resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU), di Gelora Delta Sidoarjo, dini hari tadi. Pemberangkatan ribuan jamaah NU asal Surabaya, menggunakan 68 unit kendaraan bus dan minibus (feeder) melalui Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Eri Cahyadi berharap para jamaah yang berangkat ke acara resepsi 1 Abad NU mendapatkan berkah, terutama bagi yang ikut membawakan nama besar Kyai Hasyim Asy’ari.

“Mugi-mugi (semoga) perjalanan panjenengan hari ini diberi keberkahan dan selamat sampai di tempat tujuan dan kembali ke Surabaya dengan selamat,” kata Wali Kota Eri, Selasa (7/2/2023).

Tak hanya itu, Wali Kota Eri juga memberikan pesan kepada seluruh jamaah yang berangkat untuk turut menjaga nama baik Kota Surabaya dalam hal kebersihan dan ketertiban. “Karena kabarnya di sana juga sudah penuh (suasananya), sing sabar (yang sabar), semoga nanti turut mendapatkan berkahnya Nahdlatul Ulama,” ujar Wali Kota Eri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.