Sukses

Resmi Dilantik, Ini Tugas Awal Anggota PPS di Malang Raya

Liputan6.com, Malang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara serentak melantik anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) di Malang Raya. Berikutnya, mereka harus segera segera turut bekerja menyiapkan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Total jumlah anggota PPS di Malang Raya yang dilantik itu ada sebanyak 1.413 anggota. Yakni di Kabupaten Malang sebanyak 1.170 anggota, di Kota Malang ada 171 anggota dan di Kota Batu sebanyak 72 anggota. Mereka dilantik pada Selasa, 24 Januari 2023 di daerah masing – masing.

Ketua KPU Kota Batu, Mardiono, mengatakan seluruh anggota terlantik itu sebelumnya telah melalui serangkaian tahapan yang dilaksanakan secara transparan. Mulai tahap pendaftaran, seleksi administrasi termasuk seleksi sistem CAT hingga wawancara.

“Setelah ini kami harap semua bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya. Mayoritas anggota PPS kami diisi oleh orang – orang muda,” kata Mardiono.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas, memastikan seluruh anggota PPS yang dilantik tidak ada hasil titipan dari pihak tertentu. Sebab proses rekrutmen dilakukan secara terbuka berdasarkan sistem yang berlaku.

“Tugas mereka dalam waktu dekat adalah membentuk sekretariat di masing-masing kelurahan,” ujar Aminah.

Setelah sekretariat terbentuk, tahap berikutnya adalah membentuk Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih). Itu jadi tugas anggota PPS untuk merekrut dengan jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Mengutip data KPU Jawa Timur, total anggota PPS di provinsi ini ada sebanyak 25.482 anggota. Mereka bertugas di 8.494 desa/kelurahan yang tersebar di 38 kabupaten/kota. Masa kerjanya dari 24 Januari 2023 hingga 4 April 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pembentukan Pantarlih

Komisioner KPU Jawa Timur, Rochani, mengatakan pembentukan Pantarlih bakal dilaksanakan oleh anggota PPS pada dua hari ke depan usai mereka dilantik. Untuk tahap awal, rekrutmen nantinya akan diumumkan kepada masyarakat.

“Pengumuman dan seleksi dilaksanakan secara terbuka,” kata Rochani dilansir dari antara jatim.

Rangkaian tahapannya yakni pengumuman pendaftaran selama 26 - 28 Januari 2023. Kemudian Penerimaan Pendaftaran selama enam hari yaitu pada 26 - 31 Januari 2023. Selanjunya, penelitian administrasi pada 27 Januari - 2 Februari 2023.

Sedangkan pengumuman hasil seleksi calon Pantarlih pada 3 – 5 Februari 2023. Terakhir, penetapan nama hasil seleksi diumumkan pada 5 Februari 2023. Pelantikan petugas Pantarlih terpilih digelar pada 6 Februari 2023.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS