Sukses

Warga Tionghoa di Kota Blitar Gelar Ritual Bersihkan Patung Jelang Imlek 2574

Dalam kegiatan pembersihan patung dewa tersebut, ada puluhan patung dewa dan dewi yang dibersihkan, termasuk patung dewa yang dituakan yakni Khong Tik Cun Ong.

Liputan6.com, Blitar - Menjelang datangnya perayaan Tahun Baru Imlek 2574, warga Tionghoa di Kota Blitar, Jawa Timur menggelar ritual menyucikan patung dewa sebagai wujud penghormatan kepada para leluhur.

Perwakilan Kelenteng Poo An Kiong Kota Blitar Endang Titis Bodro Triwarsi mengemukakan ritual pembersihan patung dewa tersebut dilakukan bagian dari prosesi sebelum datangnya tahun baru Imlek 2574 bertepatan pada tahun 2023.

"Menyambut datangnya tahun baru Imlek, kami lakukan dengan kegiatan membersihkan rumah ibadah serta segala kelengkapannya," katanya di Blitar, dilansir dari Antara, Selasa (17/1/2023).

Pembersihan patung itu selain sebagai penghormatan kepada leluhur, kegiatan itu juga dilakukan sebagai upaya agar Imlek 2574, seluruhnya menjadi lebih baik lagi. Imlek itu bertepatan dengan tahun kelinci air yang diharapkan bisa membawa kebahagiaan dan kesenangan.

"Acara ini sekaligus ucapan bersyukur agar tahun mendatang menjadi lebih baik lagi. Jadi, pada intinya bersyukur dan membersihkan diri agar ke depan menjadi lebih baik lagi," ujar Endang.

Dalam kegiatan pembersihan patung dewa tersebut, ada puluhan patung dewa dan dewi yang dibersihkan, termasuk patung dewa yang dituakan yakni Khong Tik Cun Ong.

Kegiatan pembersihan dilakukan dengan air yang dicampur dengan bunga kemudian kuas. Alat kuas diperlukan sehingga dalam proses pembersihan bisa menjangkau lebih bersih ke seluruh bagian patung.

Setelah selesai proses pembersihan tersebut, patung-patung itu kemudian dikeringkan dan diletakkan di lokasi semula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibersihkan Oleh Orang Khusus

Sementara itu, yang bertugas untuk membersihkan patung-patung adalah orang khusus. Mereka sebelumnya juga telah melakukan doa bersama dengan harapan agar pelaksanaan pembersihan berlangsung dengan baik.

Di Kelenteng Poo An Kiong Blitar, dalam rangka menyambut Hari Raya Imlek dan Cap Go Meh 2574, beberapa agenda digelar seperti sembahyang mengantar para Sien Bing Naik ke Nirwana, memandikan Kiem Sien, kemudian sembahyang menyambut pergantian tahun baru Imlek 2574 dan beberapa agenda lainnya.

Terdapat juga rencana agenda kirab Cap Go Meh barongsai dan liong di beberapa jalur wilayah Kota Blitar, termasuk sembahyang Cap Go Meh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.