Sukses

Pelayanan di RSUD Soewandhie Makin Cepat Usai Disidak Eri Cahyadi

Antrean menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan di bagian poli RSUD Soewandhie bisa sampai 4 hingga 5 jam. Itu belum termasuk dengan antrean saat mengambil obat di bagian farmasi.

Liputan6.com, Surabaya - Antrean panjang warga yang berobat di RSUD dr Soewandhie Kota Surabaya mulai berkurang usai Wali Kota Eri Cahyadi inspeksi beberapa waktu lalu.

Berkurangnya antrean serta perbaikan kecepatan pelayanan itu diakui oleh sejumlah warga atau pasien yang biasa berkunjung ke rumah sakit yang berlokasi di Jalan Tambakrejo itu.

"Sebelumnya (pelayanan) terlalu lama, lambat. Tiga jam mengantre tidak bisa masuk, tidak dipanggil-panggil. Datang kadang pukul 09.00 WIB, pukul 12.00 WIB baru dipanggil," kata Sukarji (68), warga Tenggumung Karya Lebar saat berobat di RSUD dr Soewandhie, dilansir dari Antara, Minggu (8/1/2023).

Terhitung sejak satu tahun empat bulan, Sukarji rutin melakukan perawatan di poli jantung RSUD Soewandhie.

Bahkan, kata dia, antrean menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan di bagian poli bisa sampai 4 hingga 5 jam. Itu belum termasuk dengan antrean saat mengambil obat di bagian farmasi.

"Datang pukul 08.00 WIB, pukul 12.00 WIB - 13.00 WIB baru bisa pulang, antre (ambil) obatnya lama," kata dia.

Lambatnya pelayanan di RSUD dr Soewandhie seperti sudah menjadi hal biasa dirasakan Sukarji. Apalagi, dia juga rutin ke rumah sakit plat merah tersebut.

Namun, kecepatan pelayanan ini mulai dirasakan Sukarji usai inspeksi yang dilakukan Wali Kota Eri Cahyadi beberapa waktu lalu.

Tak hanya Sukarji yang mengakui perubahan pelayanan pada RSUD dr Soewandhie Surabaya. Irianto (61), warga Sidoyoso juga merasakan hal sama.

"Kalau dulu saya datang pagi, sampai pukul 15.00 WIB, baru dapat obat. Alhamdulillah (sekarang) sudah cepat. Pukul 09.30 WIB, sudah dapat obat," katanya.

Irianto bersyukur, sekarang ini dia tak lagi seharian harus berada di rumah sakit hanya sekadar untuk mengambil obat pada bagian farmasi. Dengan model pelayanan yang tersistem, Irianto pun mendapatkan kepastian berapa lama berada di sana.

"Sekarang Alhamdulillah cepat. Terima kasih banyak untuk Pak Wali Kota Surabaya," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ambil Obat 2 Jam

Sementara Solikhah, warga Nganglik juga mengakui perubahan pelayanan pada RSUD dr Soewandhie. Dia menyebutkan, perubahan pelayanan terjadi terutama dari segi antrean pengambilan obat pada bagian farmasi.

"Dulu datang ambil obat di farmasi pukul 12.00 WIB, selesai pukul 15.00 WIB. Tapi akhir-akhir ini pas setelah ada (sidak) Pak Eri Cahyadi, perubahannya cepat. (Ambil obat) tidak sampai 10 menit sudah dipanggil," kata Solikhah.

Direktur Utama (Dirut) RSUD dr Soewandhie, dr Billy Daniel Messakh sebelumnya menjelaskan, dahulu pelayanan rumah sakit milik pemkot ini lama karena terkendala status pasien pada rekam medis.

Namun sekarang, kendala rekam medis ini menggunakan digital sehingga pelayanan berjalan lebih cepat.

"Kecepatan dokter kami sudah stabil. Biasanya paling lambat start pelayanan mulai pukul 7.30 WIB, kini pukul 7.20 WIB sudah mulai buka sehingga dapat terlayani lebih cepat," kata dr Billy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.