Sukses

Kondisi Memprihatinkan Pasar Kendangsari Surabaya yang Sudah 50 Tahun Tak Direnovasi

Renovasi Pasar Kendangsari diharapkan menjadi prioritas agenda revitalisasi pasar oleh PD Pasar Surabaya pada tahun 2023. Seiring dengan rencana penyertaan modal untuk PD Pasar Surya oleh Wali Kota Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Kondisi Pasar Kendangsari di Kota Surabaya, Jawa Timur memprihatinkan. Banyak kayu penyangga yang sudah lapuk, dan laintanya pun masih terbuat dari tanah. Pasar yang memprihatinkan tersebut tidak tersentuh renovasi selama 50 tahun.

"Warga mengeluhkan dengan kondisi di Pasar Kendangsari," kata Wakil Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Surabaya Anas Karno di Surabaya, dilansir dari Antara, Selasa (27/12/2022).

Anas mengatakan hal itu diketahuinya pada saat mengunjungi Pasar Kendangsari pada Senin (26/12). Menurut dia, kondisi tersebut membuat pedagang dan pengunjung pasar tidak aman dan nyaman.

"Bahkan cenderung membahayakan. Padahal Pasar Kendangsari merupakan tujuan warga Kelurahan Kendangsari, Kelurahan Panjang Jiwo, dan Kelurahan Kutisari untuk membeli bahan pokok kebutuhan sehari-hari," kata Anas.

Anas berharap renovasi Pasar Kendangsari menjadi prioritas agenda revitalisasi pasar oleh PD Pasar Surabaya pada tahun 2023. Seiring dengan rencana penyertaan modal untuk PD Pasar Surya oleh Wali Kota Surabaya.

"Dengan dilakukannya renovasi, kemudian pedagang serta pengunjung merasa aman dan nyaman, tentunya akan terjadi transaksi ekonomi yang tinggi. Sehingga menunjang pertumbuhan ekonomi Surabaya," ujar dia.

Sementara itu Direktur PD Pasar Surya Agus Priyo saat dikonfirmasi mengakui kondisi Pasar Kendangsari yang kurang layak. Lantainya masih tanah, kemudian banyak kayu penyangga bangunan yang keropos.

"Yang kami kerjakan pertama adalah perbaikan terhadap hal-hal yang membahayakan pedagang maupun pengunjung. Misalnya atap yang kayunya sudah banyak yang keropos. Kayu akan diganti galvalum. Artinya utamakan keamanan," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tipe Pasar Klas 2

Agus Priyo menambahkan PD Pasar Surya memberikan perhatian penuh terhadap pasar yang dinilai kurang layak untuk dilakukan renovasi, misalnya lantai yang masih tanah.

"Pelaksanaan kami nunggu dari penyertaan modal oleh Pemkot Surabaya. Sedangkan untuk Pasar Kendangsari sudah dilakukan perbaikan kecil-kecil sama teman-teman," ujar dia.

Pasar Kendangsari merupakan tipe pasar klas 2, yang menjadi salah satu peserta dalam lomba Pasar Pahlawan yang digelar PD Pasar Surya di bulan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.