Sukses

SAR Surabaya Siagakan 3 Tim Penyelamat di Lokasi Gunung Semeru

Liputan6.com, Surabaya - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya menyiagakan tiga tim rescuer atau penyelamat di lokasi yang terdampak luncuran awan panas guguran (APG) Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kepala Kantor SAR Surabaya Hari Adi Purnomo menjelaskan satu tim penyelamat dari Pos SAR Jember, Jawa Timur, telah diberangkatkan ke wilayah Gunung Semeru di Lumajang tadi siang pada sekitar pukul 12.30 WIB.

"Satu tim beranggotakan 10 orang penyelamat dari Pos SAR Jember dan potensi SAR dari Siluman Rescue, serta Biting Rescue, dengan membawa truk personil serta kendaraan penyelamat D-Max telah terlebih dulu kami berangkatkan," katanya, dilansir dari Antara, Minggu (4/12/2022).

Dua tim penyelamat lainnya, lanjut Hari, menyusul diberangkatkan dari Kantor SAR Surabaya menuju lokasi terdampak bencana APG Semeru untuk perbantuan personel dan alat utama (alut) penyelamatan.

Hari memaparkan dua tim penyelamat yang dipimpin oleh Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya ini seluruhnya beranggotakan 15 orang penyelamat.

"Fokus rencana operasi hari ini adalah melaksanakan evakuasi warga ke daerah aman dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Lumajang, serta tim SAR gabungan yang sudah berada di lokasi," ujarnya.

Hari mengungkapkan, dari hasil koordinasi dengan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Lumajang, tanggal 4 Desember 2022, erupsi yang disertai APG masih berlangsung terus menerus hingga sore hari ini.

"Tinggi kolom erupsi tidak teramati. APG dengan jarak 12 kilometer dari puncak masih terus berlangsung. Saat ini status Gunung Semeru naik dari level 3 siaga ke Level 4 awas," ucapnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS