Sukses

Sepatu Sutra Karya Perajin Asal Pasuruan Bakal Dipamerkan di KTT G20

Kerajinan sepatu sutra buatan perajin asal Kabupaten Pasuruan berkesempatan sebagai salah satu produk UKM yang ditampilkan dalam kegiatan KTT G20 Indonesia di Bali.

Liputan6.com, Surabaya - Kerajinan sepatu sutra buatan perajin asal Kabupaten Pasuruan berkesempatan sebagai salah satu produk UKM yang ditampilkan dalam kegiatan KTT G20 Indonesia di Bali.

Arianto Nugroho selaku Ketua Koperasi Kupu Sutra di Kecamatan Purwodadi, Pasuruan mengatakan produk buatan tangan ini akan menghiasi salah satu stan pameran B20 Spouse Program, yakni pameran khusus forum bisnis internasional antarnegara peserta KTT G20.

Menurutnya, keikutsertaan produk buatannya adalah penunjukan langsung Kamar Dagang Indonesia (Kadin) yang dinilai sangat menarik, karena ramah lingkungan dan diproduksi oleh kaum disabilitas.

"Alhamdulillah, pihak Kadin tertarik karena satu, kita ecogreen dan kami memang memberdayakan disabilitas untuk membuat sepatu sutra ini," kata Antok di Pasuruan, dilansir dari Antara, Jumat (12/11/2022).

Ia mengatakan, dirinya membawa sekitar 30 pasang sepatu sutra sebagai produk unggulan di ajang G20 Indonesia.

Selain itu, dia juga membawa produk olahan sutra lain berupa tas sutra dan selendang sutra. Sehingga, diperkirakan total ada 50-an produk siap dipamerkan.

Ia mengatakan, pihaknya berpartisipasi di ajang internasional bukanlah pertama kalinya karena sebelum ajang G20 Indonesia, dia juga pernah memamerkan produknya di kegiatan balapan di Sirkuit Mandalika pada Oktober 2022.

"Di Mandalika, untuk sepatu Alhamdulillah laku sekitar 6 produk, harapannya di G20 ini bisa laku lebih banyak karena tamunya kan dari berbagai negara di dunia," ujarnya.

Antok mengatakan jika usaha pengolahan benang ulat sutra sudah mulai digelutinya sejak tahun 2016. Niatnya pun sangat mulia, yakni sebagai social entrepreneurship.

Oleh karenanya dia mengajak kaum disabilitas serta buruh tani sebagai mitra dalam membuat sepatu sutra dan produk olahan dari benang ulat sutra lainnya. "Kaum disabilitas masih sering dianggap sebelah mata di masyarakat. Makanya kita ini memang social business," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdayakan Disabilitas

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengapresiasi produk sepatu sutra dan akan menjadikannya sebagai produk unggulan khas Kabupaten Pasuruan.

Hal itu disebabkan bukan hanya karena keaslian bahan tanpa kimiawi, namun diproduksi oleh IKM dan sukses memberdayakan para petani hingga penyandang disabilitas di sekitar koperasi itu sendiri.

"Saya apresiasi sepatu-sepatu ini dan akan kami jadikan sebagai produk unggulan khas Kabupaten Pasuruan," katanya.

Kepala Daerah yang akrab disapa Gus Irsyad ini mengaku bangga karena produk buatan warga Kabupaten Pasuruan bisa menembus kegiatan internasional seperti ajang G20 Indonesia.

"Akan selalu kita dukung. Tidak hanya di G20, tapi termasuk kegiatan internasional di Mandalika dan kegiatan lokal akan kita ajak terus," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.